by

Bagaimana Fungsi Vitamin A pada Mata?

Bagaimana Fungsi Vitamin A pada Mata?

Sekarang ini lebih mudah bagi orang untuk terkena mata minus, karena kebiasaan manusia jaman sekarang yang berbeda dengan jaman dahulu. Jika jaman dahulu lebih banyak yang suka melakukan interaksi secara langsung, maka sekarang ini kebanyakan orang berinteraksi melalui dunia maya dimana mata dipaksa untuk terus-menerus menatap layar komputer. Mata yang dipaksa secara terus-menerus menatap layar komputer atau handphone akan mengalami penurunan fungsinya. Selain itu banyak pula yang masih muda tetapi menderita penyakit rabun jauh atau mata minus. Penyakit mata minus ini sebenarnya dapat diobatiĀ  yaitu dengan mengkonsumsi vitamin A.

Konsumsi Vitamin A untuk Kesehatan Mata

Mengkonsumsi vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A sendiri merupakan senyawa antioksidan yang mempunyai peran penting dalam penglihatan, kesehatan sistem kekebalan tubuh dan fungsi penglihatan. Vitamin A juga sangat baik bagi permukaan mata, selaput lendir serta kulit yang efektif untuk menahan bakteri serta virus, dapat mengurangi infeksi pada mata dan juga penyakit menular lainnya. Secara alami terdapat makanan yang mengandung vitamin A yang dapat Anda jumpai misalnya yang berasal dari hewani dan dari sumber buah dan sayuran.

Makanan dengan kandungan vitamin A yang berasal dari sumber hewani misalnya hati ayam, daging sapi, susu dan keju. Vitamin a yang berasal dari hewan adalah retinol.

Vitamin A yang berasal dari buah-buahan dan sayuran yaitu provitamin A. Provitamin A karotenoid setelah tertelan diubah oleh tubuh menjadi retinol. Makanan sumber vitamin A terbaik antara lain wortel, bayam, ubi jalar, melon dan apel. Vitamin A sendiri mempunyai fungsi membantu mengoptimalkan perkembangan pada janin, dapat meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), dapat menghambat sel kanker payudara dan menghambat proses penuaan dini. Kemudian Beta Karoten merupakan salah satu karotenoid yang terkandung dalam buah dan sayuran. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang efektif bagi kesehatan mata. Jika mengalami kekurangan vitamin A maka kornea mata dapat menjadi sangat kering, pandangan mata yang menjadi kabur, kerusakan pada retina dan bahkan kehilangan penglihatan.

Related posts: