2 Jenis Obat Antibiotik

Antibiotik berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu ‘anti’ yang mempunyai arti ‘melawan’ dan ‘bios’ yang mempunyai arti ‘hidup’. Jadi, antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Ada beberapa jenis obat antibiotik yang digunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Antibiotik digunakan untuk manusia, hewan, dan juga tumbuhan pula sejak tahun 1930. Antibiotik berfungsi untuk melawan infeksi dari bakteri dan parasit saja. Jika ingin menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh virus seperti pada penyakit gondok, flu, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan lainnya maka bisa menggunakan obat lain.

2 Jenis Obat Antibiotik Beserta Manfaatnya

Kali ini kami akan membahas 2 jenis obat antibiotik yang sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang kita kenal, antibiotik tersebut antara lain:

  1. Aminoglikosida

Jenis antibiotik aminoglikosida adalah antibiotik yang digunakan untuk menghambat pembentukan protein oleh bakteri atau parasit. Antibiotik ini dapat menghambat produksi protein yang dilakukan oleh bakteri dan parasit, Biasanya antibiotik aminoglikosida digunakan untuk mengobati penyakit pneumonia dan tipes. Meskipun antibiotik ini dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan parasit, aminoglikosida juga terkadang tidak bisa mengobati bakteri dan parasit tertentu. Biasanya dokter memberikan antibiotik ini bersamaan dengan sefalosporin atau penisilin. Efek samping dari obat antibiotik yang satu ini adalah bisa melemahkan fungsi hati dan ginjal Anda.

  1. Makrolida

Sama seperti aminoglikosida, antibiotik makrolida juga sama-sama berfungsi untuk menghentikan pembentukan protein yang dilakukan oleh bakteri dan parasit. Antibiotik yang satu ini bisa mencegah biosintesis yang dibentuk oleh protein bakteri atau parasit. Biasanya dokter akan memberikan makrolida untuk mengobati pasien yang mempunyai alergi pada antibiotik penisilin. Karena antibiotik ini mempunyai cakupan yang lebih luas dibandingkan antibiotik sebelumnya, maka makrolida sering digunakan untuk mengobati infeksi saluran pencernaan dan infeksi saluran pernapasan. Efek samping dari makrolida adalah diare, mual, dan pencernaan terganggu. Itu dia 2 jenis obat antibiotik yang sering digunakan. Namun ibu hamil dan menyusui dilarang menggunakan antibiotik ini.

Related posts: