3 Keuntungan Dari Divestasi Saham PT Freeport

Isu yang masih hangat dan diperbincangkan saat ini adalah masalah divestasi Freeport. Pada bulan Juli 2018 lalu pemerintah Indonesia memang telah menandatangani perjanjian mengenai pembelian saham PT Freeport McMoran Inc. Dulu Indonesia hanya memiliki saham sekitar 9,36% saja, namun dengan adanya penandatanganan pokok perjanjian atau Head of Agreement menjadikan Indonesia kini bisa memiliki saham PT Freeport hingga 51%. Nah, memangnya  apa dampak dari kepemilikan saham 51% dari PT Freeport? Bagi Anda yang belum tahu, maka kami akan menjelaskannya.

Dampak Baik Kepemilikan 51% Saham PT Freeport Bagi Indonesia

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan dimilikinya 51% saham PT. Freeport bagi Indonesia. Berikut adalah 3 dampak baiknya bagi Indonesia:

  • Mengetahui jumlah pasti dari cadangan emas yang dimiliki

Cadangan emas yang dimiliki memang dari dulu tidak pernah diketahui secara pasti. Dengan kepemilikan jumlah saham yang lebih dominan ini, maka pemerintah Indonesia bisa melakukan audit mengenai seluruh kegiatan tambang yang dilakukan termasuk juga mengetahui jumlah dari cadangan emas yang ada di dalamnya.

  • Mendapatkan pajak yang lebih besar

Keuntungan kedua adalah dari bertambahnya nilai pajak. Sudah beberapa tahun PT Freeport tidak memberikan dampak baik dalam perpajakan. Mereka jarang memberikan deviden karena sering mengklaim rugi pada usaha yang dilakukan. Inilah yang sebenarnya diincar oleh pemerintah. Dengan divestasi Freeport yang terjadi, maka besarnya untung dan rugi bisa diketahui sehingga penipuan pajak tidak akan bisa terjadi. Selama ini memang yang memegang dokumen asli tentang keuangan adalah PT Freeport, jadi mengetahui secara lengkap tentang untung rugi yang terjadi sulit dilakukan.

  • Pengaturan rencana pengelolaan

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari kepemilikan saham dominan PT Freeport adalah pemerintah bisa melakukan pengaturan dan pengelolaan mengenai rencana kerja yang dilakukan. Segala pengelolaan pertambangan yang terjadi baik jangka pendek ataupun jangka panjang bisa diketahui dan diatur oleh pemerintah.

Itulah 3 dampak yang memberikan keuntungan dari divestasi Freeport. Semoga dengan mengetahui keuntungan tersebut dapat menambah wawasan Anda mengenai tepat atau tidaknya langkah pemerintah untuk membeli saham PT Freeport ini.

Related posts: