4 Cara Jitu Redakan Batuk Ketika Malam Hari

Seseorang yang sedang mengalami batuk berdahak pasti akan mengalami peningkatan frekuensi batuk saat di malam hari. Hal tersebut disebabkan karena faktor gravitasi. Jadi ketika penderita batuk sedang berbaring, maka lendir yang terdapat pada tenggorokan akan menumpuk dengan jumlah lebih banyak. Kemudian pada akhirnya batuk pun akan menjadi lebih sering muncul. Selain itu udara di kamar yang terbilang kering juga akan menjadi faktor memperburuk kondisi tenggorokan.

Langkah Mengatasi Tenggorokan Gatal Ketika Malam Hari

Batuk dengan frekuensi yang sering itu dikarenakan adanya rasa gatal pada tenggorokan. Jadi untuk mengurangi rasa gatal, ada baiknya Anda memperhatikan bagaimana kondisi ruangan kamar. Pastikan udara di kamar terbebas dari zat-zat asing penyebab tenggorokan kering. Ada langkah tertentu dalam mengatasi tenggorokan gatal, berikut langkahnya:

  • Memperhatikan kondisi kamar

Kondisi kamar yang buruk akan menyebabkan seseorang menjadi alergi. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kotoran yang ada dalam kamar, seperti debu yang menempel. Kemudian pastikan Anda telah mencuci spreinya dengan benar, bahkan cucilah seminggu sekali. Kemudian sebelum tidur, ada baiknya Anda mandi agar semua kotoran tubuh tidak ikut menempel di kasur.

  • Minum teh dicampur madu

Untuk mengurangi gatal tenggorokan, maka minuman teh hangat yang dicampur dengan madu akan sangat melegakan tenggorokan, mengencerkan lendir dan akan mengurangi iritasi. Jadi usahakan Anda menyediakan termos di sebelah tempat tidur. Sehingga kapan saja butuh minuman teh campur madu, Anda bisa segera meminumnya.

  • Berkumur air garam

Ketika tenggorokan merasa sangat gatal dan sakit, maka air garam ini akan sangat membantu untuk mengeluarkan lendir dalam tenggorokan. Dengan begitu rasa gatal akan berkurang dan frekuensi batuk juga berkurang. Untuk garamnya, jangan terlalu banyak, sesuaikanlah dengan jumlah air di dalam gelas. Setelah itu Anda bisa gunakan air garam tersebut untuk kumur-kumur.

  • Tidur dengan meninggikan bantal

Mungkin ada orang yang merasa risih jika harus tidur menggunakan bantal. Namun untuk yang sedang mengalami gangguan pada tenggorokan, maka Anda perlu tidur dengan bantal yang tinggi. Dengan begitu lendir tidak akan mudah menumpuk di tenggorokan. Sehingga batuk pun akan berkurang frekuensinya.

Related posts: