Bagaimana Hukumnya Menggabungkan Aqiqah Dengan Qurban?

Ibadah qurban adalah salah satu sunnah muakkad bagi umat Islam. Sunnah muakkad ini berarti wajib bagi yang mampu. Ibadah qurban biasanya dilaksanakan pada saat Hari Raya Idul Adha. Tata cara pelaksanaan ibadah qurban tidak jauh berbeda dengan aqiqah, yaitu sama-sama menggunakan hewan kurban. Namun, bagaimanakah hukumnya jika menggabungkan niat untuk aqiqah dan menjalankan ibadah qurban? Aqiqah Bandung adalah salah satu jasa potong hewan aqiqah.

Pendapat Yang Pertama

Berdasarkan pendapat dai Imam Ahmad, bahwa ibadah qurban dan aqiqah tidak dapat digabungkan. Hal ini dikarenakan tujuan dari masing-masing ibadah tersebut berbeda. Ibadah qurban bertujuan sebagai tanda syukur atas segala nikmat yang diperoleh dan dilaksanakan pada saat Idul Adha. Sedangkan aqiqah adalah sebuah bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang anak dan dilaksanakan pada hari ke-7 dan kelipatannya.

Menurut Al –Haitami yaitu seorang ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa jika ada seseorang yang menyembelih kambing dengan niat untuk melaksanakan aqiqah sekaligus qurban, maka kedua niat tersebut tidak dianggap. Sebab keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Aqiqah Bandung adalah salah satu jasa potong hewan aqiqah.

Pendapat Yang Kedua

Pendapat yang kedua berasal dari Imam Ahmad. Pendapat ini menilai bahwa pelaksanaan aqiqah dan ibadah qurban dapat digabungkan. Jadi kelahiran seorang anak dapat diwujudkan dalam rasa syukur berupa qurban dan menjadi sah jika digabungkan dengan aqiqah. Jadi apabila hari Idul Adha jatuh di hari ketujuh atau kelipatan hari setelah kelahiran seorang anak. Maka ibadah qurban dapat digabungkan dengan aqiqah.

Dalam hal penggabungan aqiqah dan qurban ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Adanya kesamaan dalam jenis ibadah
  2. Ibadah tersebut bukanlah jenis ibadah yang berdiri sendiri melainkan dapat diwakilkan dengan ibadah yang lain yang sejenis

Menurut Syaikh Muhammad  bin Ibrahim rahimahullah kedua jenis ibadah ini dapat digabungkan cukup dengan menyembelih satu kambing saja. Jadi diniatkan untuk qurban dan juga diniatkan untuk aqiqah. Jadi misalnya seorang ayah memiliki niat untuk berqurban, maka ia dapat meniatkan untuk berqurban sekaligus niat untuk aqiqah anaknya. Aqiqah Bandung adalah salah satu jasa potong hewan aqiqah.

Related posts: