Beberapa Jenis Jerawat Pasit Yang Perlu Diketahui

Ada dua jenis jerawat yang biasanya muncul pada wajah, jerawat batu dan jerawat pasit. Jerawat batu biasanya tumbuh dengan bentuk yang besar, sedangkan jerawat pasit muncul secara serentak, dengan ukuran yang lebih kecil. Kebanyakan orang mengalami jerawat pasit di area pipi dan dahi. Hal ini dikarenakan dahi masih berada dalam zona T, yakni bagian wajah yang memiliki produksi minyak lebih banyak dari bagian yang lain.

Penyebab Jerawat Batu

Stres menjadi faktor utama dalam munculnya jerawat pasit. Selain itu perubahan hormon saat menstruasi dan menopause juga memiliki peran besar terhadap munculnya jenis jerawat ini. Meskipun sepintas jerawat pasit memiliki jenis yang sama, dikarenakan bentuknya yang kecil dan banyak. Namun sebetulnya jerawat pasit memiliki beberapa jenis.

Komedo Putih

Komedo putih terbentuk pada saat pori-pori wajah tersumbat oleh sebum dan kulit mati. Bagian pori-pori biasanya menutup sehingga terlihat seperti benjolan yang muncul di permukaan kulit. Kumpulan komedo putih yang datang secara berkelompok ini yang juga dapat disebut dengan jerawat pasit. Mengatasi komedo putih ini lebih sulit dibandingkan komedo hitam, sebab pori-pori kulit sudah tertutup.

Papula

Papula adalah benjolan kecil berwarna merah yang muncul di wajah. Papula ini terbentuk saat dinding yang melindungi pori-pori wajah pecah dari peradangan yang parah. Jika papula ini muncul berkelompok, maka dapat dikatakan sebagai jerawat pasit. Anda dapat menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida untuk mengatasi masalah tersebut.

Pastula

Pastula terjadi pada saat dinding di sekitar pori-pori pecah. Pastula berbentuk benjolan kecil berwarna merah dan penuh dengan nanah. Jerawat jenis ini memiliki warna putih atau kuning di bagian atasnya yang menandai adanya nanah. Pastula yang muncul secara berbarengan dengan jumlah yang banyak , maka dapat disebut jerawat pasit. Sama dengan papula, Anda dapat menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida untuk mengatasi pastula.

Untuk mengatasi berbagai macam jerawat pasit tersebut, tentunya dengan menjaga kebersihan kulit wajah serta menggunakan obat untuk mengobati jerawat pasit. Anda dapat menemukan obat jerawat pasit di berbagai toko kosmetik. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Liakosmetik.com untuk memperoleh obat jerawat yang ampuh.

Related posts: