Berbagai Teknik Penangkapan Ikan

Suatu hari Anda ingin memancing dan Anda pun menyiapkan berbagai peralatan. Namun jangan hanya menyiapkan peralatan memancing saja, namun Anda pun juga harus tahu berbagai teknik dalam penangkapan ikan. Pastikan Anda menggunakan teknik yang terbaik karena jika tidak, maka ekosistem laut pun akan terganggu. Ada berbagai faktor yang perlu Anda pertimbangkan, apalagi jika Anda mempunyai profesi sebagai nelayan komersial.

Tempat dimana Anda memancing pun harus Anda perhatikan karena tiap tempat mempunyai etika memancing masing-masing. Pada saat Anda menangkap ikan pun juga perhatikan kondisi laut serta cuacanya. Jika Anda menggunakan jaring, maka pastikan Anda menggunakan jaring yang tepat untuk ikan yang tepat pula.

Dua Teknik Penangkapan Ikan

Berikut ini adalah teknik-teknik yang bisa Anda gunakan untuk menangkap ikan.

  1. Trawl

Teknik menangkap ikan yang satu ini paling sering digunakan di New Zealand. Teknik ini juga digunakan jika nelayan ingin menangkap ikan komersial. Nelayan di New Zealand menggunakan teknik trawl untuk menangkap ikan yang merupakan spesies deep sea. Teknik penangkapan ikan yang satu ini paling sering digunakan untuk menangkap cumi-cumi, hake, ling, hoki, dan roughy jeruk. Teknik jaring trawl tidak boleh digunakan untuk nelayan rekreasi. Teknik trawl akan membutuhkan dua nelayan di kapal untuk menarik jaring yang besar. Kebanyakan kapal Di New Zealand memang didesain untuk mendukung teknik trawl. Nantinya jaring akan ditarik sekitar 2 hingga 3 jam dan kapal akan bergerak pada kecepatan 3 hingga 4 knot. Saat jaring ditarik ke bawah, maka jaring pun akan terbuka di tengah laut. Lalu akan ada dua “pintu” yang nantinya dapat menangkap ikan-ikan di perairan tersebut.

  1. Pemukatan

Teknik selanjutnya adalah pemukatan. Teknik ini sering digunakan di Denmark. Teknik pemukatan sering digunakan untuk mengelilingi kawanan ikan terlebih dahulu sebelum menangkapnya. Sebuah jaring yang besar dan bersih akan dipasangkan oleh tali yang panjang. Jaring tersebut akan dilempar ke laut. Teknik ini sering digunakan untuk menangkap ikan dori atau kakap.

Itu dia 2 teknik penangkapan ikan yang ada di berbagai dunia.

Related posts: