Cara Memilih Buah Pir Agar Tidak Terjebak

Buah pir tetap menjadi favorit penikmat buah di seluruh dunia. Bahkan buah pir kini menjadi salah satu buah yang paling diminati karena manfaat buah pir yang kaya akan nutrisi dan gizi. Buah pir juga mengandung kadar air yang banyak, sehingga buah ini akan cepat rusak apabila sedikit saja mengalami cacat di permukaannya. Pedagang di pasar buah akan terlihat selalu memisahkan buah pir yang mulai menunjukkan gejala ruam di permukaannya, dan akan memberikan diskon apabila ada yang mau membelinya.

Cara Memilih Buah Pir Yang Bagus

Nah, kalau kita jeli melihat saat ingin membeli buah pir, manfaat buah pir yang baik adalah dalam kondisi yang matang dan segar. Pilihlah yang tidak memar atau terasa lembek dan basah jika di tekan di beberapa titik di permukaannya. Ini menandakan buah sudah tidak segar dan terkontaminasi udara luar karena permukaannya sudah rusak. Hanya dalam satu malam saja bagian yang lembek tersebut akan segera berwarna coklat seperti noda, kemudian lama kelamaan membusuk.

Sebaliknya, jika ingin memakan buah pir beberapa hari setelah dibeli, sebaiknya pilih yang masih agak keras. Biarkan buah pir matang dalam suhu ruangan. Atau apabila ingin cepat membuatnya matang, sandingkan dengan apel yang akan melepaskan gas etilen ke udara yang akan membuat buah-buah lain di sekitarnya cepat matang.

Jangan tergoda dengan potongan harga yang diberikan pedagang buah saat ia menunjuk pada tumpukan buah terpisah. Bisa jadi itu adalah buah yang sudah dipilih dengan kondisi kurang bagus atau sudah menunjukkan indikasi akan rusak.

Memilih buah pir saat berbelanja dengan mencoba memegang, menekan, dan membolak-balik buah untuk memastikan kondisi buah bagus atau tidak, terkadang membuat para pedagang tidak begitu menyukai sikap kita ini. Hal ini disebabkan karena memang banyak buah-buahan tertentu yang rentan dengan suhu panas tubuh manusia yang dapat memicu berkurangnya ketahanan buah, sehingga buah menjadi cepat membusuk. Sebaiknya ketika sedang memilih buah pir, jangan terlalu banyak memegang, lihat dan tekan saja sedikit. Segera bayar buah yang sudah dipilih dan bawa pulang manfaat buah pir yang luar biasa ini untuk keluarga di rumah.

Related posts: