Cara Menangani Luka Bakar

Mempunyai kulit yang mulus dan bersih merupakan dambaan setiap orang, tidak hanya bagi wanita saja bahkan laki – laki pun sudah mulai memperhatikan penampilan fisik mereka. Penggunaan skin scare juga sudah menjadi kebiasaan sehari – hari untuk merawat kulit agar senantiasa sehat dan  bersih. Tetapi terkadang, musibah datang tidak mengenal waktu, seperti terkena goresan atau luka karena minyak panas sehingga membuat kulit menjadi terbakar dan menimbulkan luka yang sangat menjijikkan.

Penyembuhan yang Lama

Nah, untuk menyembuhkan luka dikulit terutama luka bakar; biasanya membutuhkan waktu yang lama. Tidak jarang biasanya orang – orang mengoleskan berbagai macam krim mahal untuk bisa mendapatkan kulit yang seperti sedia kala secara cepat.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata di rumah, kita juga memiliki bahan – bahan yang bisa dijadikan obat untuk luka bakar loh. Selain murah, penanganannya pun cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama sama seperti krim mahal yang Anda beli di apotek.

Tingkatan Luka Bakar

Luka bakar itu memiliki tiga tingkatan atau tiga type, Anda harus mengenali dahulu tingkatan luka bakar yang Anda alami dan karena apa Anda terkena luka bakar. Tingkatan pertama contohnya luka bakar karena minyak panas atau terkena knalpot motor, ini termasuk ke dalam tingakatan pertama.

Luka bakar seperti ini juga disebut luka bakar ringan. Kedua, yaitu luka bakar tingkat dua yang mana luka bakarnya sudah mengenai lapisan kulit bagian dermis. Yang ketiga, yaitu luka bakar berat atau luka bakar yang tembus ke dalam tulang atau tendon.

Cara penanganannya

Untuk luka bakar ringan, Anda bisa menggunakan bahan – bahan sederhana yang ada di rumah sebagai pertolongan pertamanya. Bahan yang bisa Anda gunakan contohnya, madu , lidah buaya, dan minyak lavender. 3 bahan ini sangat ampuh sekali untuk penanganan pada luka bakar dengan stadium awal.

Lalu untuk luka bakar dengan tingkat kedua, Anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan medis. Setidaknya Anda akan diberi juga obat dalam yang bisa mengurangi rasa sakitnya. Lalu untuk luka bakar tingkat ketiga, Anda harus melakukan perawatan total dirumah sakit dan ditangani dengan benar oleh medis.

Related posts: