Cara Menjaga Kesehatan di Usia Senja

Usia senja atau usia yang diantaranya umur 50 ke atas adalah usia yang rentang akan penyakit. Sebagian orang tua di Indonesia memiliki persoalan yang berbeda. Ada yang mengeluh akan sakit pinggang, tulang, dan ada yang merasa magh atau sudah tidak enak untuk makan-makanan yang seperti biasanya. Sehingga sering kali para lansia sulit untuk melakukan aktivitas di luar kebiasaan mereka.

Lalu, Bagaimana Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Usia Senja?

Anda seorang lansia? Jika Anda seorang lansia maka Anda bisa membaca referensi berikut ini sebagai  salah satu langkah untuk Anda mencoba hidup sehat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk hidup sehat, diantaranya:

  1. Berolahraga kecil-kecilan

Sebagai lansia Anda tidak boleh hanya duduk diam di rumah jika Anda ingin menyehatkan tubuh Anda bisa melakukan jalan-jalan kecil seperti jalan-jalan di taman atau jalan-jalan mengelilingi kompleks rumah Anda.

  1. Minum susu penguat tulang

Anda yang bisa mengeluh tentang persendian sakit dan tulang-tulang terasa lemah. Anda bisa mengonsumsi susu penguat tulang. Susu ini memiliki fungsi merekatkan kembali tulang-tulang  Anda sehingga tulang menjadi kuat dan Anda tidak sering lagi merasakan nyeri pada persendian.

  1. Makan makanan yang bergizi

Untuk Anda yang sulit mencerna makanan mungkin Anda perlu mengubah pola makan misal biasanya Anda memakan buah dalam bentuk aslinya maka Anda bisa makan buah dalam bentuk yang lain seperti yang sudah di  jus. Kemudian jika dalam bentuk lauk misalnya yang biasanya digoreng bisa jadi Anda rubah dengan di bakar maupun di rebus, untuk sayur sendiri yang biasanya hanya satu sayuran tanpa campuran mungkin bisa menambahkan campuran untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Cek kesehatan ke dokter

Untuk usia senja ini sebaiknya sering atau rutin check up kesehatan ke dokter demi melihat kondisi tubuh, jika badan sehat maka diri akan bahagia jika ada yang kurang sehat maka konsultasi kepada dokter tentang cara penyembuhannya.

Nah, dari saran-saran di atas Anda bisa mencoba sesuai dengan kemampuan Anda dalam melakukan jangan paksakan diri Anda terlalu berat. Tetapi jalani apa yang sekiranya Anda mampu lakukan. Selamat hidup sehat.

Related posts: