Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Era Digital

Pada era digital seperti sekarang ini, gadget telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat untuk membantu kita dalam hal pekerjaan, komunikasi, maupun hiburan. Banyak pekerja kantor yang harus menatap layar komputer seharian untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Di sisi lain, bermain game di ponsel, tablet, maupun komputer sudah bukan hal asing lagi bagi anak-anak muda untuk menghabiskan waktu mereka. Padahal, kebiasaan menatap layar gadget dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kesehatan mata karena bahaya sinar biru yang terpancar dari layar gadget.

Tips Jaga Kesehatan Mata Di Era Modern

Gadget mengeluarkan sinar biru yang memiliki panjang yang dapat masuk ke bagian dalam bola mata, salah satunya retina. Hal ini dapat menyebabkan pengguna gadget dapat menderita mata minus. Beberapa hal dapat kita lakukan untuk menghindari bahaya sinar biru pada gadget.

  1. Mengatur jarak aman antara mata dan layar gadget

Atur jarak antara mata dan layar komputer sejauh 50cm atau sepanjang lengan Anda. Jangan terlalu dekat menatap layar gadget dan usahakan mengatur jarak aman antara mata dan layar gadget Anda.

  1. Mengatur pencahayaan pada layar gadget

Layar yang terlalu terang akan mengakibatkan mata lebih cepat lelah dan perih. Atur pencahayaan pada layar gadget Anda agar Anda merasa nyaman ketika menatap layar gadget Anda dalam waktu yang lama.

  1. Memakai kacamata anti radiasi

Memakai kacamata radiasi dapat mengurangi pengaruh bahaya sinar biru yang terpancar dari layar gadget Anda. Karena tidak semua kacamata dilengkapi dengan lensa anti radiasi, pastikan kacamata Anda dilengkapi dengan lensa anti radiasi.

  1. Berkedip dan ubah posisi jarak pandang

Ketika kita mengerjakan sesuatu di depan gadget, tak jarang kita lupa untuk berkedip dalam waktu yang cukup lama. Padahal berkedip sangat penting untuk menjaga kelembaban mata kita. Maka berkediplah dan ubah posisi jarak pandang Anda dengan layar gadget setiap beberapa kali agar bola mata tidak terasa kaku.

Itulah beberapa tips yang bisa diberikan. Semoga tips diatas dapat diaplikasikan dengan baik dan dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda di masa depan.

Related posts: