Cara Sederhana Mencegah Gangguan Asam Urat Dini

Tahukah anda? Gangguan asam urat sering menyerang orang-orang yang usianya masih di bawah umur. Mengapa hal itu bisa terjadi? Padahal asam urat umumnya dirasakan oleh lansia atau mereka yang usianya sudah diatas 30 tahun. Gangguan asam urat terjadi karena beberapa hal; asam urat menyerang bagian tubuh seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, bagian tangan atau kaki seluruhnya, area punggung dan pinggang bagian belakang. Ciri-ciri umum gejala asam urat yaitu timbul rasa nyeri pada sendi diikuti dengan meriang yang tidak kunjung berhenti, biasanya alternatif yang diambil untuk mengurangi gangguan ini adalah dengan mengkonsumsi obat atau jamu asam urat yang dijual secara bebas di pasaran. Padahal obat-obatan dengan komposisi bahan yang tidak jelas bisa mengakibatkan penyakit lainnya.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Asam Urat Dini?

Penyakit asam urat yang umumnya menyerang usia dewasa kini juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Pola makan dan gaya hidup yang tidak dijaga ternyata berpengaruh pada tubuh secara signifikan, asam urat dini kebanyakan diakibatkan karena mandi terlalu malam di suhu luar ruangan. Apabila anda memiliki kamar mandi yang berada di luar rumah, sebaiknya hindari mandi terlalu malam. Menurut penelitian, mandi terlalu malam di kamar mandi yang berada di luar ruangan berpeluang lebih besar menyebabkan nyeri pada sendi. Hal ini terjadi karena tubuh tidak kuat merespon udara dingin dan air yang suhunya lebih rendah dibanding suhu tubuh anda.

Selain cara diatas, ada cara lain yang terbukti ampuh untuk mencegah asam urat pada usia dini. Jika anak anda terpaksa harus mandi di malam hari, pastikan menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat dilakukan untuk menyeimbangkan suhu tubuh dan suhu air. Setelah itu, usapkan minyak kayu putih atau lotion hangat untuk mencegah masuk angin, minum minuman hangat seperti teh hangat atau air jeruk hangat sangat direkomendasikan. Hal lainĀ  yang perlu anda perhatikan ialah selalu gunakan sandal ketika mandi untuk mencegah pori-pori terbuka.

Related posts: