Ciri-Ciri Terjadinya Kanker Payudara

Semua wanita pasti menghindari kanker payudara menyerang. Kanker ini sangatlah menakutkan untuk wanita selain kanker serviks. Sel-sel akan berkembang dan tumbuh menyerang jaringan yang ada di payudara seperti halnya lonulus, saluran keluarnya air susu, dan yang lainnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini bisa terjadi, misalnya hormon, faktor lingkungan, gaya hidup, dan lain sebagainya. Meskipun tidak semua gaya hidup yang sama juga menyebabkan risiko yang sama pula. Untuk itu setiap perempuan harus lebih waspada lagi.

Perhatikan Ciri-Ciri Timbulnya Kanker Payudara!

Untuk itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari kanker ini. Ciri-ciri ini perlu diketahui, sehingga bisa siap sedia untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi.

  • Terdapat Benjolan Pada Payudara

Benjolan di payudara ini adalah tanda awal adanya kanker. Namun benjolan yang ada tidaklah terasa sakit. Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan itu merupakan ciri-ciri dari kanker ini. Anda bisa melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui ada tidaknya benjolan. Biasanya benjolan ini teraba saat menstruasi. Dan lebih baik Anda melakukan pengecekan secara rutin, sehingga tubuh Anda bisa terkontrol dengan baik.

  • Warna Kulit Pada Payudara Berubah

Banyak yang mengira warna kulit berubah itu disebabkan karena infeksi. Apabila Anda masih ragu dengan benjolan yang muncul, maka warna kulit payudara yang berubah ini bisa membuat Anda lebih hati-hati lagi. Perubahan warna ini bisa seperti menjadi warna kemerahan seperti iritasi. Kelenturan dari payudara pun seperti kulit jeruk, permukaan seakan berlekuk, dan biasanya penebalan kulit terjadi. Namun ada tipe kanker payudara yang tidak menyebabkan perubahan warna di kulit payudara.

  • Puting Payudara Sakit

Kanker ini terdapat beberapa stadium. Dan untuk stadium satu, maka Anda juga bisa melihat perubahan pada puting payudara. Biasanya perubahan yang terjadi adalah timbulnya rasa nyeri yang semakin hari semakin bertambah. Tanda lain yang bisa dilihat adalah dengan keluarnya cairan dari puting.

  • Terdapat Benjolan di Ketiak

Meskipun benjolan ini tidak selalu mencirikan kanker payudara tetapi benjolan ini harus tetap diwaspadai. Karena perlu diketahui bahwa jaringan payudara itu bisa meluas sampai ke bawah ketiak. Dengan demikian maka kanker bisa menyebar ke bagian bawah ketiak. Jika Anda sudah mulai merasakan adanya benjolan, maka lebih baik Anda segera pergi ke dokter untuk mengeceknya.

Related posts: