Ciri Khusus Masyarakat Desa

Manusia adalah makhluk sosial merupakan ungkapan yang sangat tepat untuk menggambarkan manusia yang tidak bisa hidup sendiri. Setiap manusia tentu saja membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan hidup. Hubungan antar manusia tersebut kemudian membentuk sebuah kelompok masyarakat, yang kemudian berdesa yang merupakan sistem pemerintahan yang paling kecil. Sekelompok manusia yang saling membutuhkan dan hidup di suatu wilayah tertentu biasanya akan membentuk desa.

Beberapa Ciri Masyarakat Desa

Suatu pemerintahan di Negara tentu saja terdiri dari pemerintahan yang paling kecil yaitu pemerintah desa. Berdesa tentu saja berbeda dengan masyarakat kota meskipun sama-sama berasal dari pemerintahan yang paling kecil. Ada banyak hal yang membuat masyarakat desa dan kota berbeda. Salah satunya adalah lingkungan hidup yang berbeda sehingga menciptakan kebiasaan dan hubungan yang berbeda antara masyarakat desa dan kota. Berikut ini beberapa ciri masyarakat desa yang tidak dimiliki oleh masyarakat kota.

  1. Kebiasaan sapa

Masyarakat desa biasanya akan hidup dengan rukun dan menganggap tetangga adalah saudara meskipun meskipun kenyataan tidak demikian. Dalam kehidupan masyarakat desa, mereka akan saling menyapa dengan ramah bahkan mereka yang tidak saling mengenal. Berbeda dengan masyarakat kota yang biasanya akan bersikap masa bodoh dengan orang lain. Mereka biasanya hanya akan menyapa orang yang mereka kenal.

  1. Memiliki hubungan lebih erat

Hubungan kekeluargaan pada masyarakat desa biasanya akan lebih erat. Mereka akan lebih sering berhubungan dan terus menjalin hubungan sebaik mungkin dengan warga lainnya. meskipun tidak memiliki hubungan darah, mereka akan tetap menjalin hubungan baik dengan para tetangga selayaknya saudara sendiri. Jika salah satu dari warga sedang mengalami kesulitan, warga lainnya akan siap siaga membantu mereka.

  1. Pekerjaan

Masyarakat pedesaan kebanyakan masih mengandalkan alam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Di antara banyaknya masyarakat, mayoritas dari mereka bekerja sebagai petani, nelayan, atau peternak. Kondisi alam yang masih sangat mendukung membuat mereka memanfaatkannya untuk menyambung hidup mereka. Berdesa memang menyenangkan dan meskipun saat ini Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan, namun tak sedikit masyarakat desa hidup dengan memanfaatkan alam sekitar.

Related posts: