Doa Dan Tata Cara Mandi Wajib

Sebagai umat Islam, menjaga diri agar bersih dari hadast besar dan hadast kecil adalah kewajiban. Rukun sah untuk beribadah adalah bersih dari hadast baik kecil maupun besar. Untuk membersihkan diri dari hadast tersebut ada doanya masing-masing. Menyucikan hadast besar pada diri dengan cara mandi wajib. Adapun doa mandi wajib dan tata caranya yang perlu Anda pahami.

Tata Cara Mandi Wajib

Sekarang sudah banyak beredar buku tuntunan untuk berbagai doa dan tata cara beribadah termasuk tata cara menyucikan diri. Anda bisa membelinya di toko buku terdekat Anda. Bila Anda masih belum memahaminya dapat tanyakan langsung kepada ustadz maupun ustadzah. Dengan begitu, kegiatan menyucikan diri dari hadast besar maupun hadast kecil jadi lebih mantap hatinya.

Anda yang sudah dewasa sebaiknya hafal doa mandi wajib. Anda diwajibkan untuk mandi wajib apabila sedang dalam kondisi berikut ini :

  • Wanita yang telah usai haid maupun nifas.
  • Selepas bersetubuh.
  • Lelaki yang mengeluarkan mani baik disengaja maupun tidak disengaja.
  • Mualaf

Mandi wajib sebaiknya menggunakan air yang mengalir. Tujuannya agar air cipratan tidak kembali masuk ke air yang belum terpakai. Berwudu terlebih dahulu. Hal ini sunah namun sebaiknya Anda lakukan. Mulailah menyiram bagian tubuh paling atas sembari niat dan berdoa mandi wajib.

Siram bagian tubuh sisi kanan lalu sisi kiri. Usahakan air menjangkau daerah lipatan Anda dan juga daerah yang tersembunyi. Basuh tubuh secara merata dengan air paling tidak tiga kali penyiraman sampai ujung kaki. Sebaiknya setelah Anda datang suatu hadast segera dibersihkan.

Hal ini karena ditakutkan anggota tubuh ada yang terlepas dari badan sehingga tidak ikut disucikan. Air yang digunakan untuk bersuci harus yakin bahwa air itu air suci dan menyucikan. Artinya bebas dari najis dan zat lain macam kopi atau teh misalnya.

Demikian tata cara dan juga doa mandi wajib. Sebagai umat Islam wajib mengetahui tata cara dan doa untuk bersuci karena berkaitan dengan syarat sah suatu ibadah.

Related posts: