Dukung Kecerdasan Buah Hati Dengan Konsumsi Ikan Laut

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan laut memiliki peran penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Tidak hanya dengan belajar, kecerdasan otak juga didukung oleh konsumsi makanan setiap harinya. Bila Anda ingin anak sehat dan cerdas, jangan lupa untuk memberikan menu ikan laut berbagai olahan. Kandungan omega 3 dan omega 6 yang tinggi serta asam folat mendukung tumbuh kembang otak anak sejak mereka dalam kandungan. Maka tidak heran bila ibu hamil yang rajin mengonsumsi ikan laut, kelak anak mereka akan tumbuh cerdas.

Gizi Dalam Ikan Laut

Ikan laut mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan anak. Berikut ini ulasan mengenai gizi yang terkandung dalam ikan laut beserta manfaatnya untuk tubuh.

  1. Protein

Protein bertugas untuk proses pertumbuhan. Sampai menua pun, manusia tetap membutuhkan protein untuk regenerasi sel dalam tubuh. Protein ikan mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak yang masih lemah dan dalam masa pertumbuhan.

  1. Asam lemak

Asam lemak dalam ikan laut berupa omega 3 yang berperan untuk perkembangan dan pertumbuhan jaringan otak anak. Maka, balita sebaiknya perbanyak konsumsi minyak ikan agar mereka tumbuh cerdas.

  1. Mineral

Mineral yang terkandung di dalam ikan laut antara lain yodium, zat besi, selenium dan vitamin E. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh saat masa pertumbuhan. Selain itu, ikan laut juga mengandung fluor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Anak yang rajin mengonsumsi ikan laut akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat. Manfaat yang dirasakan antara lain sistem pencernaan baik, otak tumbuh secara optimal, sistem imunitas yang baik sehingga anak tidak mudah sakit, mata sehat, stamina anak baik sehingga lincah dan tangkas serta pertumbuhan anak optimal. Ikan laut dapat dikonsumsi berupa ikan asin, kecap ikan, nugget maupun bentuk olahan lainnya. Anda dapat mengkreasikan sesuai dengan porsi dan kesukaan anak Anda agar mereka mau mengonsumsi ikan laut. Biasakan untuk memberinya makanan yang sehat dan bergizi untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Related posts: