Handphone Hilang, Lakukan Langkah Berikut

Handphone merupakan perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita, maka tidak jarang kita akan merasa ada yang kurang jika tidak sedang memegang handphone. Skenario yang lebih buruk terjadi apabila kita kehilangan handphone yang biasa kita pakai, entah hilang gara-gara jatuh di jalan atau dicuri orang. Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan ketika handphone Anda hilang, seperti melacak no hp atau mematikan beberapa fitur untuk melindungi data Anda.

Gunakan Fitur Bawaan HP

Ponsel cerdas keluaran sekarang memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengamankan data kita, jika sewaktu-waktu handphone kita hilang dicuri atau jatuh di jalan. Fitur-fitur tersebut sudah langsung tersedia di ponsel Anda tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Beberapa fitur Google di ponsel pintar Anda memiliki fitur seperti mengunci telepon dan menghapus data. Sehingga fitur-fitur tersebut mungkin bisa digunakan untuk memproteksi data Anda yang tersimpan di ponsel Anda yang hilang.

Untuk mengunci ponsel Anda pastikan alamat email terhubung dengan ponsel Anda. Dengan bantuan fitur bawaan ponsel android device manager maka Anda bisa mengunci ponsel Anda hanya dengan menggunakan email. Selain mengunci ponsel fitur ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan yang bisa terlihat oleh si penemu handphone, pesan dikirimkan agar memberikan data alamat yang mungkin bisa dijangkau untuk mengembalikan handphone.

Selain mengunci ponsel fitur tersebut juga bisa digunakan untuk menghapus data yang ada di ponsel Anda. Langkah ini mungkin merupakan jalan terakhir jika melacak no hp atau mengirim pesan kepada si penemu tidak berhasil. Jika memang ponsel Anda berisi data-data yang sangat penting, maka alangkah lebih baik untuk menghapus data di ponsel Anda untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Fitur menghapus data juga merupakan fitur bawaan handphone pada menu android device manager.

Melapor Ke Pihak Berwenang

Jika memang handphone Anda hilang dicuri maka melapor ke pihak berwenang adalah salah satu langkah yang paling bijak. Meskipun kita sudah melakukan beberapa upaya untuk mencari handphone, melacak no hp, atau bahkan mengamankan data, melapor ke pihak berwenang bertujuan untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terjadi pada orang lain.

Related posts: