Jaga Kesehatan Indera Penglihat Kita Yang Berharga

Mata merupakan salah satu indera pada tubuh manusia yang sangat berharga. Dengan mata yang sehat kita bisa menikmati pemandangan indah di sekitar kita, melihat keluarga atau saudara kita, juga dapat belajar dan bekerja. Sebagai indera penting untuk kehidupan kita, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan mata kita. Kadang-kadang kita lupa merawat mata kita. Ada beberapa tips yang dapat kita terapkan jika kita menginkan mata yang sehat dan terawat.

Hal Yang Harus Diingat Untuk Sehatnya Mata Kita

Ternyata penggunaan tetes mata jangan terlalu sering. Obat tetes mata merupakan obat yang digunakan untuk keadaan ketika mata kita merah yang disebabkan oleh terkena debu, polusi, ataupun akibat mata yang kurang istirahat. Teteskan obat tetes mata sesekali ketika keadaan mata kita merah, jangan memakainya terlalu berlebihan. Hal tersebut justru akan lambat laun merusak sehatnya mata kita.

Bagi anda yang memakai lensa kontak, perlu diperhatikan bahwa pemakaian lensa kontak jangan terlalu lama. Pemakaian lensa kontak sebisa mungkin kurang dari 19 jam. Selain lensa kontak, kacamata juga jangan selalu dipakai. Biarkan mata anda nyaman sebentar.  Pemakaian lensa kontak yang berlebih bisa jadi merusak mata secara permanen. Pilihlah lensa kontak yang terpercaya dan harus steril.

Kurangi Pancaran Sinar Dari Layar Multimedia

Tips lainnya yaitu menghindari pancaran komputer. Jangan terlalu lama bekerja atau bermain di depan komputer atau laptop. Proporsi kegiatan dengan menggunakan komputer harus dibatasi, jangan begadang terlalu malam bekerja menggunakan laptop. Biarkan mata kita istirahat sebentar sekitar 30 menit, pandanglah pemandangan yang jauh. Memandang jauh dapat menetralkan posisi proyeksi mata kita yang tadinya kaku pada pandangan dekat ke arah layar. Mulai dari sekarang jangan terlalu lama memandang layar komputer, laptop bahkan tv. Hal tersebut akan membuat mata kita lelah.

Sinar UV yang terpancar dari layar tv juga harus kita hindari. Hal penting lainnya pada saat menonton tv yaitu jangan terlalu dekat melihat tv, hal tersebut akan merusak mata kita. Sinar uv akan mudah terpancar pada mata kita jika kita menonton tv terlalu dekat.

Related posts: