Jenis-Jenis Soal Psikotes

Setelah Anda lulus dari kuliah maka akan mencari pekerjaan dan biasanya untuk diterima di sebuah perusahaan Anda harus lulus ujian psikotes. Semua perusahaan pasti akan memberikan soal ujian psikotes untuk karyawan barunya karena untuk mengukur kemampuan dan mengetahui kepribadian mereka. Nah, maka dari itu Anda harus mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian psikotes dahulu dan apabila Anda lolos maka dapat diterima di perusahaan tersebut. Soal-soal psikotes akan berbeda-beda jadi Anda tidak akan bisa mendapatkan bocoran jawabannya karena bentuknya sangat bervariasi. Namun Anda bisa mengerjakan soal psikotes dengan baik apabila sering belajar contoh-contoh soalnya. Kemudian bagian atau jenis-jenis soal psikotes dibagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini.

Jenis-Jenis Soal Psikotes Melamar Kerja

Sebelum Anda melamar kerja dan mengikuti ujian psikotes pelajari dahulu bagian-bagian atau jenis soal psikotes yang sering muncul. Jenis-jenis soal psikotes adalah:

  1. Tes logika aritmatika

Soalnya biasanya adalah berisi sederet angka dan Anda harus melanjutkan angka berikutnya. Biasanya ada polanya dan juga ada beberapa angka yang kosong dan Anda diminta untuk mengisi atau menjawabnya dengan angka yang tepat. Misalnya adalah kelipatan 2 dan dimulai dari 4 dan seterusnya.

  1. Tes logika penalaran

Tes ini adalah untuk menguji imajinasi Anda dari gambar-gambar yang sudah disediakan.

  1. Tes kraepelin dan tapuli

Tes ini adalah untuk menganalisa kejelian dan ketelitian Anda.

  1. Tes menggambar orang

Dalam tes ini Anda akan menggambar orang sesuai dengan imajinasi Anda.

  1. Tes wartegg

Tes wartegg fungsinya adalah untuk menganalisa emosi, imajinasi serta motivasi pelamar atau pesertanya.

  1. Tes baum

Tes baum biasanya Anda akan diminta untuk menggambar sebuah pohon.

  1. Tes logika verbal

Soalnya biasanya berisi tentang sinonim, antonim serta padanan-padanan kata.

  1. Tes epps

Soalnya berisi tentang dua pertanyaan dan salah satu pernyataannya disesuaikan dengan kepribadian peserta atau pelamarnya.

Itulah kedelapan jenis soal-soal psikotes yang pasti keluar saat Anda mengikuti perekrutan pegawai baru. Apabila Anda ingin mempelajari soal-soalnya bisa didapatkan secara lengkap di soalsoalpsikotes.blogspot.co.id.

Related posts: