Kebiasaan Perusak Fungsi Pendengaran Telinga

Telinga memiliki fungsi yang sangat penting untuk kita, karena termasuk ke dalam salah satu panca indra yaitu indra pendengaran. Fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu kita mendengar dengan begitu kita mampu berkomunikasi dengan yang lain karena mendengar apa yang mereka bicarakan. Hal yang harus dipahami saat ini adalah seperti halnya panca indra lain, telinga juga tentu mengalami penurunan fungsi sehingga banyak kita temui pada orang tua masalah seperti tuli. Akan tetapi untuk kita yang masih diberi telinga yang sehat sudah sewajibnya kita merawatnya dengan baik agar telinga kita bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan lebih lama lagi.

Merawat Telinga Dengar Benar

Banyak cara merawat telinga agar tetap terjaga kesehatannya dan menjaga fungsinya tetap berjalan baik salah satunya yaitu melindungi telinga dari suara yang keras. Memang fungsi utama telinga adalah untuk mendengar akan tetapi telinga tersebut memiliki kapasitasnya sendiri sehingga suara yang terlalu keras hanya akan menurunkan fungsi dari telinga tersebut. Beberapa hal di bawah ini akan membantu menjaga kesehatan telinga kalian.

  • Usahakan ketika mendengarkan musik volume yang diputar jangan terlalu keras terutama jika kalian mendengarkan musik lewat handphone. Untuk mengetahui apakah volume yang kalian dengarkan terlalu keras atau tidak cara mengeceknya cukup dengan mengetes jika orang di sekitar kalian berbicara kalian masih mendengarkan atau tidak. Jika tidak berarti volume musik kalian terlalu keras.
  • Lakukan perawatan rutin dengan cara mengunjungi dokter THT untuk mengetahui apakah telinga kalian mengalami masalah atau tidak. Berkunjung ke dokter THT juga berguna untuk melakukan pembersihan pada telinga kalian yang bisa saja kotoran tadi menyumbat dan mengurangi fungsi dengar telinga.
  • Jangan membersihkan telinga dengan alat bantu seperti cotton bud. Sebenarnya telinga kita mampu melakukan pembersihan secara otomatis yaitu dengan cara mendorongnya keluar. Penggunaan alat bantu tadi hanya akan membuat kotoran semakin masuk ke dalam.

Merawat telinga diatas tadi sangat sederhana sekali untuk kalian praktekkan. Cobalah untuk menerapkan langkah tadi untuk membantu merawat telinga kalian tetap sehat.

Related posts: