Khasiat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil

Hamil adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu seorang wanita setelah menikah. Menjadi seorang ibu adalah dambaan setiap wanita. Selain itu, kehadiran seorang anak dalam keluarga juga membuat sebuah pernikahan semakin lengkap dan harmonis. Namun, ada banyak hal yang harus dijaga dan diperhatikan ketika sedang mengandung. Dalam dunia kesehatan, ibu hamil adalah salah satu kelompok yang rentan terkena penyakit. Mengapa demikian? Karena fungsi tubuh ibu harus dibagi dengan anak yang dikandungnya.

Bayi yang dikandung ibu dapat rentan terkena penyakit dan kelainan jika tidak dijaga kesehatannya. Ibu hamil bisa terkena penyakit toksoplasma, penyakit infeksi, serta berbagai kelainan akibat kekurangan gizi. Bagi calon anak, anak bisa lahir dengan berat badan rendah, lahir prematur bahkan bisa menyebabkan keguguran. Selain itu, kekurangan zat gizi selama kehamilan juga bisa menyebabkan kelainan fungsi organ tubuh. Oleh karena itu, asupan makan dan zat gizi selama kehamilan harus diperhatikan.

Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka

Upaya memenuhi asupan gizi yang baik adalah mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, begitu juga dengan kesuburan organ reproduksi. Menurut http://www.kehamilanku.web.id, salah satu buah yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah buah semangka. Manfaat semangka bagi ibu hamil diantaranya adalah:

  1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Semangka mengandung 90% air sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat mencegah dehidrasi.

  1. Mengurangi pembengkakan

Ibu hamil sering mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki. Air yang terkandung dalam buah semangka mampu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot sehingga pembengkakan bisa dicegah.

  1. Mencegah kram otot

Janin yang dikandung ibu hamil membuat fisiologis tubuh ibu mengalami perubahan, seperti berat badan meningkat. Hal ini bisa menyebabkan kram otot. Dengan mengonsumsi buah semangka, mampu mencegah terjadinya kram otot.

  1. Mengatasi morning sicknes

Buah semangka yang dikonsumsi secara rutin di pagi hari dapat membantu mengatasi efek morning sickes yang berlebihan.

Related posts: