Konsumsi Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, masyarakat cenderung menjadikan padi sebagai bahan pokok makanan. Padahal, ada beberapa bahan pokok yang dapat digunakan untuk menggantikan padi atau nasi. Salah satu yang dapat Anda gunakan adalah jagung. Sama halnya dengan nasi, jagung juga kerap dijadikan sebagai olahan untuk dapat memenuhi asupan karbohidrat di dalam tubuh. Tanaman yang termasuk ke dalam biji-bijian ini memiliki beberapa jenis. Beberapa di antaranya sangat mudah untuk di temukan di Indonesia. Selain dapat menggantikan fungsi nasi, jagung juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

8 Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari jagung:

  1. Melancarkan pencernaan

Jagung memiliki kandungan serta yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam satu porsi jagung terdapat sekitar 10% serat yang dibutuhkan dalam satu hari.

  1. Menjaga kesehatan ibu hamil

Saat hamil, Anda akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Salah satu yang paling mudah untuk ditemukan adalah jagung. Asam folat akan membantu meningkatkan perkembangan janin Anda sehingga akan lebih kuat dan menurunkan risiko terjadinya cacat pada bayi.

  1. Membantu menjaga kesehatan mata

Selain wortel, jagung juga mengandung beta karotin yang mampu membuat mata menjadi lebih sehat.

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan karotenoid pada jagung dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung cara kerjanya adalah dengan menurunkan penggumpalan darah pada arteri sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

  1. Tinggi akan kalori

Dalam 100 gram jagung mengandung sekitar 342 kalori.

  1. Mengandung vitamin B

Vitamin B kompleks yang terdapat dalam jagung dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan sel saraf.

  1. Tinggi mineral

Jagung mengandung beberapa mineral seperti mangan, zat besi, selenium, magnesium, serta berbagai macam mineral lainnya. Mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  1. Menyehatkan kulit

Jagung dapat digunakan dalam bentuk minyak jagung. Dalam bidang kecantikan, minyak jagung digunakan untuk menyehatkan kulit secara alami.

Demikian beberapa manfaat jagung untuk kesehatan tubuh.

Related posts: