Lagu Daerah Sebagai Ciri Khas Daerah

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya akan budayanya, kaya akan keaneka ragaman hayatinya, kaya akan sumber daya alamnya, kaya akan kulinernya dan kaya akan gugusan pulaunya. Berbicara mengenai budaya Indonesia, memang tidak akan ada  habisnya. Sepertinya waktu satu hari saja tidak cukup untuk membahas budaya-budaya dari berbagai suku dan pulau di Indonesia. Salah satu yang menjadi perbedaan antar pulau di Indonesia adalah logat atau bahasa daerah. Bahasa daerah orang Maluku berbeda dengan bahasa daerah Jawa. Dari perbedaan bahasa tersebut, terdapat pula perbedaan lagu daerah. Sesuai dengan namanya yaitu daerah, tentunya lagu ini menggunakan bahasa daerah masing-masing. Misalnya provinsi Jawa Tengah menggunakan bahasa Jawa, Jawa Timur menggunakan bahasa Sunda, Padang menggunakan bahasa Padang begitu juga dengan daerah-daerah lain akan menggunakan bahasa daerahnya sendiri.

Lagu Yang Menciri Khaskan Daerah

Lagu daerah merupakan lagu yang dilahirkan dari budaya setempat dan biasanya sifatnya turun temurun. Bahasa yang digunakan menggunakan dialek daerah setempat. Untuk bentuk lagunya biasanya dinyatakan dalam bentuk syair atau lirik sesuai dengan bahasa daerahnya. Sehingga, masyarakat luar daerah sulit memahami maksud dan makna lagu. Lagu ini biasanya juga menggambarkan tentang budaya setempat, kehidupan sehari-hari dan adat istiadat daerah. Oleh sebab itu, lagu di daerah A akan berbeda dengan lagu di daerah B.

Berapa Jumlah Lagu Daerah Di Indonesia?

Jika dihitung jumlah provinsinya yaitu 33 provinsi, Indonesia memiliki kurang lebih 33 lagu daerah. Namun, untuk setiap provinsi jumlah lagunya biasanya lebih dari satu. Misalnya, untuk provinsi Jawa Tengah saja, terdapat kurang lebih sepuluh lagu. Begitu pun dengan provinsi-provinsi lain yang memiliki lagu khas daerah lebih dari satu. Oleh karena itu, jika di hitung-hitung Indonesia memiliki kurang lebih ratusan lagu khas daerah. Hal ini mungkin pernah Anda rasakan ketika duduk di bangku sekolah dasar, para guru akan memperkenalkan berbagai lagu dari setiap daerah. Upaya ini dilakukan semata-mata agar anak sedari dini sudah mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya.

Related posts: