Langkah Mudah Memulai Usaha Budidaya Ikan Cupang

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas secara ringkas mengenai budidaya ikan cupang sebagai peluang usaha. Disana telah dibicarakan mengenai alasan-alasan mengapa budidaya ikan ini cocok untuk dijadikan bisnis. Nah, pada artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai budidaya itu sendiri, mulai dari mengenal jenis ikan, perbedaan yang terdapat pada tiap jenis kelamin ikan, sampai pada tahapan-tahapan untuk memulai budidaya ikan itu sendiri.

Jenis-Jenis Ikan Cupang Dan Ciri-Cirinya

Pasar ikan hias setidaknya mengenal dua jenis ikan cupang secara umum. Yang pertama adalah ikan cupang adu, dan yang kedua adalah ikan cupang hias. Perbedaan antara ikan cupang adu dan ikan cupang hias sangat tampak signifikan. Bentuk tubuh, sirip, dan ekor menjadi pembeda yang sangat jelas antara kedua jenis ikan cupang tersebut.

Cupang adu memiliki bentuk tubuh yang agak gilig, dengan bentuk sirip ekor yang cenderung pendek dan membulat. Sementara itu, ikan cupang hias memiliki bentuk sirip ekor yang panjang nan menjuntai. Dari segi warna sendiri, kedua jenis cupang ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh. Keduanya sama-sama memiliki warna dan corak yang indah dan menarik.

Ciri-Ciri Ikan Jantan Dan Betina

Ikan jantan dan betina dapat dibedakan dari bentuk dan warna tubuhnya. Ikan jantan biasanya berukuran lebih kecil atau lebih ramping dari ikan betina, yang memiliki tubuh lebih besar dan perut lebih buncit. Untuk warna ikan, ikan jantan memiliki warna yang cerah dengan corak yang tegas, sementara ikan betina warnanya lebih terlihat pucat daripada ikan jantan.

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Memulai Budidaya

Pertama-tama, Anda tentunya harus mendapatkan indukan cupang terlebih dahulu untuk memulai budidaya. Sebaiknya Anda menyiapkan lebih dari sepasang indukan untuk mengantisipasi gagalnya pembuahan pada indukan lain. Lalu Anda perlu menyiapkan tempat pemijahan ikan. Tak perlu tempat yang besar, sebuah baskom atau aquarium ukuran sedang pun bisa dijadikan sebagai tempat breeding. Perlu diketahui bahwa untuk mengawinkan ikan cupang, ikan jantan dan betina tidak boleh langsung disatukan dalam satu wadah. Pisahkan ikan betina dari ikan jantan dengan menggunakan gelas bening atau akuarium yang lebih kecil.

Related posts: