Lawan Sariawan Tanpa Obat Kimia

Sariawan bisa sangat mengganggu kenyamanan mulut Anda. Selain rasanya yang sakit, juga bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Dengan adanya sariawan tidak jarang Anda merasa sangat malas untuk makan bahkan berbicara, karena jika sariawan tergesek lidah atau gigi bisa menimbulkan sakit. Sebenarnya untuk menyembuhkan sariawan tidak harus selalu menggunakan obat dari dokter, akan tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa bahan di rumah Anda bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan.

Sariawan adalah luka kecil yang berada pada rongga mulut. Lapisan yang lemah pada mulut sangat rentan terkena sariawan. Biasanya penyebab utama sariawan dikarenakan daya tahan tubuh yang sedang lemah, atau juga karena kekurangan vitamin B12 atau asam folat.

Meski sariawan bukan merupakan penyakit berbahaya, tetapi rasa sakit yang ditimbulkan bisa sangat mengganggu mulut Anda. Penyembuhannya pun bisa sangat lama sampai 2 minggu. Maka dari itu, jangan abaikan sariawan Anda. Dan jika keberatan untuk membeli obat, Anda bisa gunakan bahan di rumah Anda seperti beberapa tips di bawah ini.

Sehat Tidak Perlu Uang Banyak

Pertama bisa menggunakan madu. Madu merupakan salah satu obat alami yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan oleskan madu di permukaan sariawan Anda. Karena madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dari sariawan Anda. Asalkan setelah mengoles madu, jangan Anda telan madu tersebut, biarkan menempel selama kurang lebih 5 menit dan lakukan itu secara rutin.

Kedua dengan air garam. Yakni dengan cara masukkan satu setengah sendok teh garam ke dalam gelas berisi air putih. Lalu berkumurlah menggunakan air tersebut selama 1-2 menit. Dengan ini, Anda bisa meredakan sariawan tanpa menggunakan obat. Lalu setelah itu segera buang air di mulut Anda, dan berkumur lagi menggunakan air bersih. Lakukan paling tidak 3 kali sehari sampai sariawan Anda mengecil.

Ketiga menggunakan kantong teh. Caranya dengan mengompreskan kantong teh bekas di rumah Anda pada permukaan sariawan. Kantong teh memiliki sifat basa yang dapat menetralisir asam pada lingkungan mulut agar tidak memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan. Lalu, daun teh dapat melawan infeksi dan peradangan yang dapat menyebabkan sariawan. Selain itu daun teh juga bisa membantu kesehatan gusi.

Related posts: