Lebih Dekat Mengenal Alat Musik Tradisional

alat musik tradisional di Indonesia memang sudah terkenal dengan budaya serta suku yang begitu banyak, yang mana mereka hidup rumpun di satu wilayah. Banyak dari data mengatakan bahwa kiranya ada 1000 lebih budaya dan suku yang ada di tanah air. Saking banyaknya budaya dan suku yang ada di Indonesia alat musik tradisionalnya pun beragam. Kira-kira ada 60an lebih alat musik tradisional yang dimiliki oleh Indonesia yang mana alat musik tersebut tersebar di setiap wilayahnya.

Lalu, Apa Saja Sih Alat Musik Tradisional Di Indonesia ?

Indonesia sejak dari zaman dahulu, bahkan dari zaman nenek moyang sudah terkenal dengan budayanya yang begitu banyak dan sangat kental. Jika Anda pergi ke wilayah sabang saja, Anda akan mendapati banyak budaya yang ada disana. Seperti misalnya jika Anda pergi ke kota Aceh, maka Anda akan mendapati budaya ketimuran yang kental.

Karena mengingat Aceh sudah terkenal dengan julukan “kota serambi mekkahnya”. Di Aceh juga memiliki alat musik tradisional bernama Arbab. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. Alat ini mempunyai 2 bagian instrumen, yang pertama ialah instrumen induk yang dinamakan sebagai arbab serta penggeseknya disebut dengan nama go arbab.

Wilayah lain juga ada, misalnya di daerah tanah Jawa. Untuk wilayah Jawa tengah ada alat musik yang namanya kendang atau gendang. Alat ini merupakan alat yang sangat populer di Jawa Tengah. Saking populernya, alat ini sering dimainkan dalam berbagai pagelaran tradisional yang biasanya di tampilkan pada event-event tertentu. Alat ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan.

Untuk yang suka berwisata di daerah istimewa Yogyakarta, pastinya sudah tak asing dengan musik gamelannya bukan? Yup, daerah yang terkenal dengan nuansa kraton, terkenal dengan kota pelajar serta tempat wisata yang sangat banyak dan wajib dikunjungi, kota ini juga memiliki alat musik tradisionalnya, seperti demung contohnya. Alat musik ini sering ada di pagelaran-pagelaran tertentu. Alat ini dimainkan dengan cara ditabuh. Walaupun kelihatannya gampang dimainkan, namun sebenarnya gampang-gampang susah. Karena saat Anda memainkannya diharapkan Anda harus begitu jeli dan teliti saat memainkannya agar bunyinya bisa bagus sesuai dengan iringan musik yang dimainkan. Sekian ulasan tentang alat musik tradisional.

Related posts: