Makanan Penambah Gizi Bayi

Masa-masa balita merupakan saat di mana nutrisi dari seorang bayi harus dipenuhi, karena pada masa perkembangan bayi ini berbagai organ tubuh sedang mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga harus dipenuhi nutrisinya. Bagi balita di bawah 3 tahun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi asi eksklusif, akan tetapi untuk bayi dengan usia tiga tahun ke atas bisa ditambahkan makanan penambah gizi.

Buah Pisang

Sudah tidak diragukan lagi bahwa pisang merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat kaya. Bagi balita buah pisang sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai makanan penambah gizi. Karena pada buah pisang terdapat kandungan karbohidrat yang sehat, cocok untuk bayi yang masih banyak bergerak, sehingga membutuhkan karbohidrat yang cukup. Selain kandungannya, buah pisang juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga cocok untuk dikunyah oleh bayi, atau bisa juga dihancurkan untuk bayi yang belum memiliki gigi.

Kentang

Selain buah pisang, kentang merupakan sumber karbohidrat yang cukup. Pada tahap perkembangan bayi kentang memiliki peranan penting untuk meningkatkan massa bayi. Kandungan asam amino pada kentang sangat membantu bayi untuk menambah berat badan dan masa otot. Jadi bagi bayi dengan berat badan yang di bawah rata-rata kentang ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan penambah gizi balita.

Telur

Selain nutrisi nabati balita juga sangat membutuhkan nutrisi dari unsur hewani. Salah satu sumber nutrisi hewani yang mudah untuk diberikan kepada balita. Telur mengandung vitamin A dan vitamin B12 yang sangat dibutuhkan oleh manusia pada masa perkembangan. Selain itu telur juga mudah untuk dikonsumsi oleh balita, cukup dengan merebus telur kemudian mencampurkannya dengan bubur agar mudah untuk dikonsumsi.

Daging Ayam

Nutrisi hewani bagi bayi juga bisa berasal dari daging ayam, untuk balita daging ayam sangat dibutuhkan sebagai sumber protein dan juga kolesterol baik. Kedua nutrisi ini sangat diperlukan pada tahap perkembangan bayi. Daging ayam bisa diolah menjadi kaldu untuk diberikan kepada bayi agar mudah dikonsumsi. Selain dalam bentuk kaldu, daging ayam yang direbus agar empuk kemudian diiris alus juga bisa diberikan kepada bayi.

Related posts: