Makanan Tepat Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula darah di dalam tubuh meningkat, pengangkatan kadar gula bisa disebabkan juga karena makanan yang dikonsumsi seperti karbohidrat. Ketika kadar gula darah dalam tubuh meningkat maka tubuh ini akan melepaskan insulin untuk mengubah gula di dalam darah untuk masuk ke dalam sel yang kemudian diubah menjadi sumber energi. Biasanya penderita diabetes akan merasa takut dalam mengonsumsi makanan karena salah sedikit bisa meningkatkan kadar gula darah. Tetapi tidak semua makanan bisa memicu hal tersebut sehingga dibutuhkan informasi tepat untuk mengonsumsi makanan yang tepat bagi penderita diabetes.

Berbagai Jenis Makanan Yang Tepat Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes.

Tidak perlu takut untuk mengonsumsi makanan bagi para penderita diabetes karena tidak semua makan dapat meningkatkan kadar gula, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar gula atau menstabilkan gula darah penderita diabetes, yaitu:

  1. Bayam

Bayam ini mengandung senyawa lutein yang mampu menormalkan kadar gula, bayam ini juga termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna yang dianjurkan untuk dikonsumsi siapa saja.

  1. Minyak zaitun

Kandungan dari minyak zaitun yaitu lemak tak jenuh yang mampu menurunkan lipoprotein pada tubuh. LDL ini bisa menyebabkan kegemukan dan juga termasuk dalam lemak jahat, akibat tingginya lemak jahat ini maka risiko penyakit diabetes semakin tinggi.

  1. Bawang putih

Fungsi dari bawang putih adalah mampu menurunkan kolesterol jahat, penyakit kolesterol ini bisa memicu penyakit yang lainnya seperti diabetes. Kandungan vitamin A, B1 dan protein di dalamnya mampu menurunkan kadar gula darah.

  1. Yoghurt tanpa lemak

Siapa saja sangat suka makanan ringan ataupun minuman, tetapi ketika menderita diabetes makanan akan sangat diperhatikan. Yoghurt tanpa lemak ini cocok untuk penderita diabetes karena ada penelitian jika makanan ini memberikan pengaruh signifikan dalam menurunkan risiko penyakit diabetes.

  1. Beras merah

Beras merah ini sudah banyak dikenal untuk makanan penderita diabetes, yang mampu menurunkan kadar gula darah. Beras yang kaya serat ini dibandingkan dengan beras putih, sehingga orang yang mengonsumsi beras merah tidak cepat merasa kenyang dibandingkan beras putih yang makan sedikit bisa mengenyangkan dan membuat siapa saja mengantuk lalu tidur yang nantinya membuat kadar gula meningkat.

Adapun jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi penderita diabetes yaitu buah-buahan (buah naga, mengkudu, apel, pepaya, alpukat, belimbing wuluh dan jambu air) dan sayuran (toge, kangkung, kacang tanah, sawi hijau, daun serai dan pare).

Related posts: