Masa Kehamilan Fase Trimester 1

Kehamilan merupakan sebuah proses di mana Anda akan mengandung janin Anda selama 9 bulan. Kehamilan membuat Anda sangat gembira karena apa yang telah Anda tunggu-tunggu untuk melengkapi keluarga kecil Anda sedang di dalam rahim Anda. Pada saat kehamilan, Anda akan mengalami 3 fase kehamilan. Masing-masing Fase ini berlangsung selama 12 minggu atau sekitar 3 bulan. Setiap fase kehamilan memiliki keunikan tersendiri yang dapat Anda baca lebih lanjut  di sini.

Proses Kandungan Usia Trimester Pertama

Proses pada tahap kehamilan trimester 1 ini, dalam rahim Anda otak dan tulang belakang yang memiliki bentuk paling awal. Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi untuk membentuk mencegah resiko cacat tulang belakang dan cacat otak pada bayi Anda. Selain itu, Anda juga dapat memperbanyak konsumsi zat besi dan kalsium serta zat-zat bergizi lainnya, guna mempersiapkan tumbuh kembang janin yang berada di rahim Anda.

Pada usia kehamilan 7 minggu, janin Anda sudah mulai berkembang dan terletak di dalam selaput membran dan diselimuti cairan ketuban. Pada usia kehamilan ini, lubang hidung dan bibir sudah mulai terlihat di wajah dan mata telah bisa dilihat di bawah kulit. Di usia kehamilan Ini, janin memiliki ukuran sekitar 0,5 cm. Mood yang Anda miliki pun naik turun kadang bahagia karena kehamilan Anda kadang Anda merasa khawatir. Anda dapat baca lebih lanjut mengenai Fase ini di sini.

Pada kehamilan trimester 1 dengan usia 10 minggu, janin yang berada dalam rahim Anda sudah memiliki jari tangan dan jari kaki dan berukuran 2,5 cm. Anda dapat mulai menggunakan pakaian yang besar melihat pinggang Anda yang sudah mulai menebal. Anda juga akan mengalami konstipasi atau kesulitan BAB karena usus yang mengalami perubahan. Pada fase ini asupan cairan serta serat untuk tubuh harus di cukup untuk mempermudah buang air besar.

Anda dapat memperkuat otot panggul dengan latihan untuk menopang kelebihan berat pada saat kehamilan Selain itu dapat juga membantu Anda saat proses persalinan. Anda dapat baca lebih lanjut tentang gatal otot pinggul untuk kehamilan di sini.

Related posts: