Memilih Gula yang Tepat untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Penderita penyakit ini sangat dibatasi dalam mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Orang yang menderita diabetes sangat dibatasi dalam mengonsumsi nasi putih, roti putih, dan gandum. Orang yang terkena diabetes juga sangat dibatasi dalam mengonsumsi gula pasir atau gula putih. Padahal, rasa manis pada gula juga ingin mereka rasakan sebagaimana orang yang sehat.

Gula untuk Seorang Penderita Diabetes

Gula merah dianggap lebih baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes daripada gula putih. Indeks glikemik dalam gula merah cukup rendah yaitu sekitar 54. Indeks glikemik ini yang menunjukkan dampak makanan terhadap kadar gula darah yang ada pada tubuh seseorang. Indeks glikemik pada setiap orang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Indeks glikemik yang ada dalam sebuah makanan tidak hanya disebabkan karena kandungan yang memang ada di dalamnya. Hal ini juga dipengaruhi dari bagaimana cara memasak suatu makanan tersebut. gula merah diklaim lebih baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dibandingkan gula pasir atau gula putih. Gula putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibanding gula merah.

Gula Merah untuk orang Diabetes

Gula merah memang lebih baik daripada gula putih bagai orang yang menderita diabetes. Walaupun demikian, konsumsi terhadap gula merah juga harus tetap dibatasi. Walaupun indeks glikemiknya berbeda tapi kandungan kalori antara gula merah dan gula putih hampir sama. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gula merah juga dapat menyebabkan obesitas. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi gula akan menyebabkan resiko sindrom metabolik.

Saat ini banyak pula gula merah yang dibuat dengan berbagai campuran seperti tepung. Oleh sebab itu konsumsinya pun harus secara terkontrol. Bagi penderita diabetes jika ingin memakan makanan yang manis, salad buah dapat menjadi alternatif yang tepat. Lebih baik lagi jika Anda memakan buah segar secara langsung. Makanlah sayuran dan buah seperti buncis, jeruk, kacang merah, wortel, pisang, mangga, strawberry dan buah lainnya.

Related posts: