Mengatasi Nyeri Akibat Menstruasi

Sebagai seorang wanita, Anda tentu akrab dengan kata menstruasi bukan? Ya, wanita normal yang sudah memasuki usia pubertas ditandai dengan datangnya masa menstruasi. Menstruasi sendiri merupakan luruhnya dinding ovarium akibat tidak dibuahi. Menstruasi kerap disertai dengan rasa nyeri. Rasa nyeri yang datang tentu sangat mengganggu aktivitas wanita. Bahkan beberapa ada yang sampai harus dirujuk ke dokter karena hal ini. Rasa nyeri tersebut akan muncul di bagian punggung bawah.

Cara Mengatasi Nyeri Akibat Menstruasi

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini cara untuk mengatas nyeri menstruasi:

  • Melakukan perenggangan

Anda dapat melakukan perenggangan untuk meredakan kram perut serta sakit pinggang. Ada dapat melakukannya dengan duduk tegak kemudian memutar badan ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Kalau Anda sulit untuk duduk, Anda juga dapat melakukannya dalam posisi berbaring.

  • Kompres dengan menggunakan air hangat

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri pinggang adalah dengan kompres pada bagian yang nyeri. Suhu hangat tersebut akan membantu untuk memperlebar pembuluh darah, akibatnya suplai oksigen ke daerah nyeri akan menjadi lebih mudah.

  • Konsumsi cokelat

Nah, cara yang satu ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Selain dapat menghilangkan rasa nyeri, cokelat juga akan membantu untuk meningkatkan mood Anda. Cokelat merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan dan berperan sebagai pereda nyeri alami untuk tubuh.

  • Olahraga secara rutin

Seperti yang Anda tahu, olahraga menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Ternyata olahraga juga menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri menstruasi. Olahraga secara teratur dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sampai menuju bagian nyeri. Untuk Anda yang sedang menstruasi dapat melakukan olahraga sederhana seperti jalan santai, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya.

Demikian di atas merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri menstruasi.

Related posts: