Mengenal Sang Mimpi Buruk Anak-Anak Suku Asmat

Suku Asmat merupakan suku yang berada di Kabupaten Asmat, Papua, Indonesia. Dalam kesehariannya, penduduk Suku Asmat masih sangat bergantung dengan kondisi alam misalnya dalam pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidup. Baru-baru ini, kita dihebohkan dengan berita mengenai Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua. Kejadian Luar Biasa tersebut berupa penyakit Campak dan Gizi buruk yang melanda Suku Asmat di Papua hingga menimbulkan puluhan nyawa berjatuhan. Setidaknya, sebanyak 65 lebih anak-anak di Suku Asmat meninggal dunia karena terinveksi penyakit Campak dan Gizi Buruk. Sebenarnya, apa sih penyakit Campak tersebut? Bagaimanakah ciri-ciri dan cara menanggulangi orang yang terinveksi penyakit campak?

Apa Itu Campak dan Gizi Buruk?

Campak merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus campak (measles virus). Penyakit ini memiliki beberapa nama lain, seperti gabagan, kerumut, morbili, dan rubeola. Pada awalnya, orang yang terinveksi oleh virus campak belum memiliki gejala apapun. Lalu, orang tersebut mulai mengalami gangguan pada kesehatannya, seperti batuk, demam, pilek, mata memerah, dll. Setelah itu, mulai muncul bintik-bintik merah kecil yang timbul pada kulit si penderita. Bintik-bintik ini awalnya akan muncul pada daerah wajah, lalu lama-kelamaan akan menyebar keseluruh tubuh. Penularan penyakit ini sangat mudah. Penyakit ini dapat menular lewat udara, air liur hingga saluran pernapasan. Oleh karena itu, apabila seseorang yang menderita penyakit campak sedang batuk, bersin, ataupun berbicara didepan Anda, sebaiknya Anda berhati-hati, karena virus campak dapat menular melalui saluran pernapasan. Untuk itulah, sebaiknya orang yang terindikasi penyakit campak segera diisolasi agar tidak menyebarkan virus campak kepada orang lain. Selain itu, cara untuk mencegah campak pada anak-anak ialah memberikan vaksin. Imunisasi vaksin wajib diberikan kepada bayi berusia diatas enam bulan agar dapat membantu kekebalan tubuh dalam memerangi virus campak. Selain campak, gizi buruk atau kwashiorkor yang menyebar di Asmat, Papua, menambah parah keadaan anak-anak yang terkena campak. Hal ini dikarenakan anak-anak tersebut tidak mendapat nutrisi yang cukup untuk membantu kekebalan tubuh dalam memerangi virus campak.

Campak bukanlah penyakit yang mematikan apabila Anda lebih peka terhadap penyakit tersebut. Dengan mengetahui penyebab, gejala, dan cara mencegah hingga mengobatinya, Anda dapat terselamatkan dari mimpi buruk tersebut.

Related posts: