Mentimun, Si Hijau Dengan Sejuta Manfaat

Mentimun, sayuran hijau satu ini terkenal dengan seribu manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk kecantikan. Ada banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. Mentimun kaya akan kandungan air sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya sebagai obat jerawat paling ampuh. Sebenarnya kandungan apa saja yang terdapat dalam mentimun?

Kandungan Dalam Mentimun

Mentimun memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama kulit. Terdapat 0,65% protein, dan 2,2% lemak serta karbohidrat. Zat lain yang terkandung di dalam mentimun seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin A, dan vitamin C. Sedangkan kandungan mineral yang terdapat pada mentimun seperti potassium, magnesium, kalium, zat besi, dan fosfor. Dengan kandungan begitu banyak yang terdapat dalam mentimun, tak diragukan lagi bahwa mentimun merupakan obat jerawat paling ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan aktif yang terdapat dalam timun akan mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Selain itu, penggunaan bahan alai sebagai pengobatan, akan sangat aman bagi tubuh karena tidak menimbulkan efek samping. Karena kaya akan kandungan zat aktif, mentimun mampu mengatasi masalah jerawat, melembabkan wajah, dan membuat kulit wajah tampak segar.

Manfaat Mentimun Bagi Kulit Berjerawat

Kandungan air yang mencapai 90% pada mentimun dapat menjaga kulit agar tetap lembab. Manfaat mentimun untuk kulit berjerawat diantaranya;

  1. Melembabkan kulit wajah.
  2. Mengangkat sel kulit mati.
  3. Mengangkat racun dan membunuh bakteri pada wajah berjerawat.
  4. Memberikan efek dingin pada kulit wajah.
  5. Menstabilkan kulit yang rentan terhadap jerawat dan mengencangkan pori-pori.

Cara Membuat Masker Mentimun

Berikut cara membuat masker wajah alami dari mentimun;

  1. Bersihkan mentimun, kemudian parut hingga halus.
  2. Tambahkan satu sendok yogurt atau air lemon.
  3. Campurkan bahan tersebut hingga merata.
  4. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit.
  5. Lakukan secara rutin.

Mentimun berperan sebagai obat jerawat paling ampuh tidak hanya mengobati jerawat dari luar, kita juga dapat melakukan pengobatan dari dalam dengan cara mengonsumsi mentimun secara langsung.

Related posts: