Menu Atau Lauk Penyusun Nasi Kuning

Sajian nasi kuning komplit dengan lauk pauknya atau yang biasa disebut dengan nasi tumpeng oleh masyarakat Indonesia merupakan sajian yang wajib ada di setiap perayaan-perayaan penting. Dengan variasi yang bermacam-macam, tentu nasi kuning atau tumpeng menjadi sajian yang sangat dinanti siapa saja. Lalu apa saja menu yang terdapat dalam sajian nasi tumpeng?

Menu Penyusun Nasi Kuning Komplit

Untuk mendapatkan sajian nasi kuning yang benar-benar komplit, menu utama yang paling penting tentu saja nasi. Dulu, nasi yang digunakan untuk pembuatan nasi tumpeng hanya menggunakan nasi berwarna putih dan tawar yang memberikan sebuah filosofi bahwa apa yang dimakan harus bersih dan halal. Namun dalam penggunaan sekarang, nasi sebagai yang utama lebih bervariasi. Hal tersebut tentu saja memberikan pilihan rasa yang lebih bervariasi, gurih, dan menggugah selera.

Menu selanjutnya berupa lauk yang menemani nasi. Untuk membuat nasi kuning komplit, lauk yang menyertai nasi sebagai menu utama salah satunya adalah urap. Urap bisa disebut sebagai salad lokal karena berisi bermacam-macam sayuran dan campuran kelapa parut yang sudah dibumbui. Dalam campuran sayuran tersebut juga terdapat filosofi sendiri. Seperti sayur kangkung yang memiliki arti untuk melindungi, dan sebagainya.

Menu selanjutnya adalah lauk pauk yang biasanya sering dijumpai, seperti ayam, tahu dan tempe. Menu tersebut bisa menjadi pelengkap nasi tumpeng dan sangat mudah untuk diolah dengan bebas, dan yang penting harus enak. Meskipun tidak memiliki filosofi yang begitu penting, namun lauk tersebut bisa menjadi pelengkap gizi dalam nasi tumpeng.

Masih ada berbagai macam lauk pelengkap nasi tumpeng. Ada telur ayam yang bisa disajikan dengan cara direbus atau digoreng. Ada juga ikan seperti lele, bandeng, atau ikan asin. Tidak lupa juga perkedel kentang yang pasti selalu kita jumpai dalam setiap sajian nasi tumpeng. Namun, yang tidak kalah penting dalam membuat nasi kuningĀ  atau tumpeng adalah sambal yang menjadi menu utama dalam setiap masakan Indonesia. Semua lauk tersebut menjadikan nasi kuning komplit sajian yang sangat penting dalam setiap acara.

Related posts: