Menyiasati Mual dan Muntah Saat Hamil

Bagi setiap perempuan yang tengah hamil, ada beberapa hal yang menggembirakan. Berbelanja pakaian dan kebutuhan untuk anak dan merayakan perkembangan janin di dalam kandungan merupakan beberapa hal yang wajar dirasakan. Namun, di balik itu semua, ada banyak perjuangan yang harus ditempuh oleh ibu hamil. Hal yang paling wajar dialami oleh wanita hamil adalah mual dan muntah yang kerap disebut sebagai morning sickness. Padahal, rasa mual dan kondisi muntah berulang kali ini bisa terjadi kapan saja, lho. Tidak sedikit juga wanita hamil yang mengalami kondisi ini sepanjang hari sehingga terasa menyiksa. Jika Anda merupakan salah satu dari sekian banyak wanita yang mengalami mual dan muntah saat hamil, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips Menghindari Mual dan Muntah Saat Hamil

Secara medis, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kondisi morning sickness pada wanita yang tengah hamil. Peningkatan hormon estrogen serta sensitivitas indera penciuman saat hamil menjadi alasannya. Nah, ini dia beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk meringankan gejalanya.

  1. Cukup istirahat dalam sehari bisa membantu tubuh Anda semakin sehat dan kuat saat hamil. Dalam hal ini, banyak wanita yang mengeluhkan rasa mual yang semakin menjadi setelah beraktivitas terlalu berat. Ingat, pada saat hamil Anda akan merasakan perbedaan pada kondisi tubuh Anda.
  2. Pastikan Anda menghindari makanan yang mungkin memicu rasa mual. Sebagai contoh, makanan dengan aroma yang menyengat bisa membuat Anda mual dan memicu muntah. Oleh karenanya, dianjurkan untuk ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman pada kondisi dingin untuk menghindari aroma yang ada.
  3. Jika Anda kerap muntah, maka usahakan untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Hal ini sangat penting bagi Anda karena bisa membuat tubuh Anda semakin kuat dan toleran terhadap rasa mual. Makanan yang masuk juga akan menetralkan asam lambung.

Nah, itu tadi beberapa tips penting yang bisa Anda coba ketika Anda mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan. Dengan mempertimbangkan beberapa cara itu, maka Anda pun bisa menjadi seorang ibu hamil yang bahagia dan terus ceria!

Related posts: