Merawat Penderita Penyakit Jantung Di Rumah

Jika ada anggota keluarga atau teman yang sudah terlanjur terkena penyakit jantung atau baru pulih dari penyakitnya, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatannya. Jangan sampai anggota keluarga atau teman Anda tersebut harus dilarikan ke dokter jantung karena penyakitnya kambuh. Karena penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat mengancam nyawa manusia.

Ada banyak sekali penyebab orang terkena penyakit jantung, tergantung pada jenis penyakit yang dialami. Bisa saja karena gaya hidup yang tidak sehat, obesitas, asap rokok, dan lain-lain. Ada cara preventif yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga pola makan, dan olahraga. Ada banyak faktor yang harus dilakukan agar penderita dapat melakukan kegiatan yang normal seperti orang lain. Berikut beberapa tips untuk merawat penderita penyakit jantung di rumah.

Sehat Tanpa Perawatan Rumah Sakit

  1. Atur Asupan Makanan

Hal paling sederhana ini menjadi yang paling vital karena asupan makanan sangat menentukan kesehatan seseorang. Nutrisi yang baik untuk jantung adalah makanan yang tidak mengandung banyak zat kolesterol atau lemak jahat. Mengonsumsi banyak sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan menjadi hal yang penting. Jangan lupakan pula mengonsumsi ikan karena sebagai sumber protein omega 3 yang baik untuk tubuh.

  1. Olahraga yang Dianjurkan

Menurut dokter jantung, olahraga yang cocok untuk penderita penyakit jantung adalah olahraga yang tidak bersifat kompetisi, seperti futsal, basket, badminton, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan jika melakukan olahraga tersebut, orang akan berusaha keras dan mengeluarkan kekuatan ekstra agar bisa memenangkan olahraga tersebut. Jelas hal ini akan mengganggu kinerja jantung yang sedang terserang penyakit.

  1. Stop Merokok

Tembakau merupakan salah satu penyebab penyakit jantung karena dapat merusak dinding pembuluh darah. Selian itu merokok dapat mengganggu aliran darah dan oksigen menuju jantung dan organ lainnya, serta dapat membekukan darah yang akan berujung pada terjadinya serangan jantung. Nikotin yang juga dapat meningkatkan tekanan darah. Jika penderita mengalami kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ini, konsultasikanlah ke dokter jantung agar mendapatkan solusi yang baik.

Related posts: