Minyak Berlebih pada Wajah

Kulit wajah manusia menghasilkan minyak alami yang melindunginya. Minyak yang ada pada tubuh tercipta untuk menjaga agar tubuh tetap lembap. Produksi minyak berlebih justru dapat menyebabkan timbulnya bakteri. Penyebab kulit wajah berminyak yang sangat berpengaruh pada kecantikan wajah adalah sebagai berikut:

  1. Makanan yang berkadar lemak dan kolestrol tinggi akan mengakibatkan kadar minyak dalam tubuh meningkat, selain itu kekurangan vitamin dan nutrisi jua menyebabkan kulit berminyak.
  2. Tidur tidak teratur dapat membuat minyak pada wajah mengumpul.
  3. Ketika stress, produksi hormon kortisol meningkat sehingga produksi minyak akan meningkat.
  4. Musim panas akan membuat wajah Anda berkilap karena produksi minyak yang berlebih.

Tips mencegah wajah berminyak

Mengurangi minyak pada wajah sangat mudah dan bahannya pun mudah didapatkan yang paling penting adalah ekonomis. Gunakan bahan alami yang tidak mengandung zat kimia yang berbahaya pada wajah agar kulit tetap terjaga, berikut bahan-bahan alami untuk menghilangkan minyak pada wajah:

  1. Hal yang paling mudah untuk mengurangi minyak pada wajah adalah dengan membasuh wajah dengan air hangat selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap malam secara rutin.
  2. Mentimun yang sering kita makan setiap harinya ternyata memiliki khasiat mengurangi minyak pada wajah. Menghaluskan mentimun lalu oleskan pada wajah atau bisa juga dengan mengiris tipis-tipis dan diamkan selama setengah jam. Gunakan 2 kali dalam seminggu.
  3. Alpukat ternyata berguna untuk menyerap minyak, yaitu dengan mengoleskan alpukat yang sudah halus, dan diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Putih telur memiliki banyak khasiat yaitu untuk menghilangkan komedo, dan yang dapat pula digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Oleskan putih telur dan diamkan 15-20 menit, kemudian bilas memakai air hangat.

Keuntungan Wajah Berminyak

Wajah berminyak pun ternyata memiliki keuntungan tersindiri untuk wajah, asalkan dapat bisa merawat kebersihan wajah agar tidak rentan jerawat tumbuh. Keuntungan wajah berminyak adalah :

  • Wajah berminyak ternyata sangat menguntung untuk mencerahkan kulit Anda secara alami.
  • Kulit wajah berminyak ternyata dapat mencegah penuaan dini, dikarenakan sebum dapat mencegah peradangan kulit yang menyebabkan kerut, garis halus, serta jerawat.
  • Keuntungan yang alami adalah sebagai pelembab melalui penguapan keringat dan membuat kulit tidak kering.

Related posts: