Mitos Mengenai Kanker Serviks Yang Terlanjur Masyarakat Percaya

Kanker serviks menjadi kanker kedua yang telah menyerang wanita di Indonesia. Penyebab paling umum dari munculnya kanker serviks pada seseorang adalah akibat infeksi HPV. Infeksi HPV sebagian besar terjadi karena sering melakukan hubungan seks dengan pasangan yang berganti-ganti.

Penyebab Umum Kanker Serviks

Ada beberapa penyebab lain dari munculnya penyakit ini seperti merokok dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Banyak penderita yang baru memeriksakan kondisi mereka setlah kanker serviks memasuki stadium lanjut. Hal tersebut dikarenakan gejala yang tak nampak ketika tahap awal pertumbuhan sel kanker di serviks. Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang kanker serviks juga menyebabkan tingginya angka penderita kanker serviks di Indonesia.

Informasi Salah Mengenai Kanker Serviks

Wanita Indonesia banyak yang kurang memahami bahaya kanker serviks yang mungkin dapat menyerang mereka. gaya hidup anak muda jaman sekarang yang sangat bebas juga seolah menegaskan ketidak-khawatiran mereka akan bahaya kanker serviks yang mungkin juga akan mereka derita. Minimnya informasi membuat masyarakat terlanjur mempercayai informasi salah mengenai kanker serviks. Berikut beberapa informasi salah seputar kanker serviks yang sudah terlanjur dipercaya oleh masyarakat.

  1. Tidak ada gejala berarti sehat

Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh memang cenderung lama, bahkan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Pada tahap awal pra-kanker, memang tidak ada gejala yang akan dirasakan oleh penderita. Hal tersebut dikarenakan sel kanker belum terbentuk secara sempurna sehingga belum menginvasi jaringan di dalam tubuh. Informasi yang satu ini gagal dipahami oleh masyarakat sehingga kebanyakan dari mereka batu akan ke dokter setelah kanker berada di stadium lanjut.

  1. Kanker serviks penyakit turunan

Kesalahan informasi yang satu ini akibat penyamaan pada kanker payudara dan kanker ovarium. Kedua jenis kanker tersebut adalah kanker yang banyak menyerang wanita dan merupakan penyakit genetik. Kanker payudara dan kanker ovarium memang dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Namun, kedua kanker tersebut berbeda dengan kanker serviks. kanker serviks kebanyakan disebabkan oleh infeksi HPV, bukan karena genetik. Situs Deherba.com menyediakan informasi lengkap mengenai kanker serviks yang akan memperkaya pengetahuan kita seputar kanker serviks.

Related posts: