Motif Beragam Kain Batik Tiap Daerah

kemeja batik

kemeja batik

Indonesia kaya akan keragaman budaya yang sudah terkenal hingga manca negara. Termasuk juga dengan batik yang membuat banyak masyarakat dunia menggunakannya sebagai kemeja batik, gaun dengan menyelipkan motif batik dan model lainnya. Karena itulah saat ini batik sudah terdaftar sebagai warisan budaya dunia di bawah naungan UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009. Sehingga setiap tanggal tersebut diperingati sebagai hari batik nasional. Dan untuk mendapatkan pengakuan dari salah saru badan di PBB tersebut maka Indonesia harus benar-benar membuktikan bahwa batik adalah warisan leluhur bangsa Indonesia. Meskipun sempat negara tetangga mengklaim bahwa batik adalah warisan budayanya, namun semua itu terbantahkan berkat banyaknya bukti yang tertuju pada Indonesia.

Aneka Kemeja Batik Dengan Motif Dengan Ciri Khas Dari Berbagai Daerah

Motif kemeja batik dengan motif dari daerah yang pertama adalah dari Aceh yang motifnya merupakan perpaduan dari alam dan budayanya dan warnanya didominasi dengan warna merah. Sumatra Barat tidak hanya terkenal dengan kain songketnya namun juga terdapat kain batik dengan sebutan batik Tanah Liek (tanah liat) karena memiliki warna tanah liat dengan motif seperti pucuk rebung, kalauk paku, siku-siku baragi, kuda laut, burung hong dan juga sicam. Motif batik Bengkulu lebih dominan dihiasi dengan kaligrafi sederhana, burung walet dan tidak ketinggalan dengan bunga raflesia yang merupakan identitas Bengkulu. Ada juga batik Jambi yang didominasi dengan motif flora dan fauna dengan bentuk yang tidak berangkai.

Batik Samarinda juga tidak kalah uniknya dengan motif disesuaikan dengan sukunya di daerah setempat seperti Dayak bahau dengan warna cerah dan berani yang membuat motifnya lebih terlihat. Motif Balikpapan lebih menggunakan tumbuh-tumbuhan yang sering terlihat pada ukiran kayu suku-suku setempat seperti hutan mangrove, beruang madu, jahe dan yang lainnya. Banjarmasin yang dikenal dengan sasirangan memiliki motif kembang kacang, daun jaruju, hiris gagatas dan yang lainnya. Dengan banyak motif seperti itu maka akan banyak pula kemeja batik dan model lainnya yang dibuat sesuai dengan motif yang ada.

Related posts: