MPASI Sayuran untuk Bayi Umur 6 Bulan

ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi sampai umur 2 tahun. Sangat dianjurkan untuk memberikan ASI kepada anak sampai si anak berusia 2 tahun. Akan tetapi, saat usia anak memasuki 6 bulan anak perlu mendapatkan makanan tambahan selain dari ASI. Makanan ini biasa disebut dengan MPASI atau makanan pendamping ASI. Karena tubuh bayi yang masih lemah dan sangat rentan, tidak semua jenis makanan dapat diberikan kepada sang bayi. Sayuran menjadi salah satu MPASI yang baik untuk bayi. Anda dapat menemukan banyak resep MPASI 6 bulan degan menggunakan sayuran.

Sayuran untuk MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Berikut ini beberapa sayuran yang biasa digunakan dalam resep MPASI 6 bulan sebagai nutrisi tambahan bagi sang bayi:

  • Wortel

Wortel kerap digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sop atau juga kerap digunakan sebagai bahan membuat jus. Kandungan vitamin A dan mineral yang tinggi pada wortel ternyata dapat digunakan sebagai sumber MPASI untuk bayi 6 bulan. Anda hanya perlu merebus wortel dan kemudian menghaluskan wortel tersebut agar mudah dicerna oleh bayi.

  • Kacang panjang

Kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemukan. Selain dapat dimasak sebagai tumis, Anda juga dapat menjadikan kacang panjang sebagai makanan pendamping ASI. Kacang panjang baik untuk bayi karena mengandung vitamin B dan serat yang cukup tinggi. Agar mudah dicerna oleh bayi, Anda dapat menjadikan kacang panjang menjadi bubur dengan tambahan susu.

  • Kentang

Seperti yang Anda tahu, kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang umum ditemukan. Cara penyajiannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu merebus ketang tersebut sampai lunak. Kemudian tambahkan susu dan haluskan seperti bubur.

  • Kacang merah

Kacang merah mengandung nilai gizi yang cukup tinggi untuk bayi. Anda dapat mengolah kacang merah dengan merebusnya sampai lunak kemudian disaring untuk memperoleh tekstur yang lembut. Anda dapat menambahkan susu untuk meningkatkan nafsu makan sang bayi.

Demikian beberapa sayur yang dapat Anda gunakan dalam resep MPASI 6 bulan sebagai nutrisi tambahan.

Related posts: