Panduan Merawat Bayi Baru Lahir Untuk Pasangan Muda

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang panduan bayi baru lahir untuk pasangan muda. Kehadiran bayi tak hanya menguras emosi dan tenaga, namun juga menyebabkan kecemasan. Banyak orang tua, khususnya yang baru mempunyai anak merasa bingung dalam merawat bayinya. Mungkin jauh-jauh hari Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dalam menyambut buah hati. Namun Anda tetap membutuhkan penyesuaian besar sebab peranan baru Anda saat ini adalah menjadi orang tua.

Panduan Mudah Dalam Merawat Bayi Bagi Pasangan Muda

Merawat bayi baru lahir diidentikkan dengan kelelahan di sepanjang hari. Tak sedikit orang tua mengalami tekanan berlebihan, apalagi yang baru mempunyai anak pertama. Beberapa hal ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi tekanan ketika merawat bayi yang baru lahir.

  • Menjaga fisik

Walau merawat bayi kerap dihubungkan dengan kurang tidur, hindari konsumsi pengusir rasa kantuk. Tetap konsumsi makanan sehat, cukup minum, dan menghirup udara segar. Agar tetap bugar, tidurlah bersamaan dengan waktu tidur bayi Anda.

  • Jangan takut

Panduan bayi berikutnya adalah jangan takut. Melihat kelucuan bayi Anda, mungkin Anda dan pasangan merasa cemas tak dapat merawatnya dengan baik. Kecemasan bisa berkurang bila hal itu dibicarakan bersama. Selain itu, tawa ceria dengan bayi dan pasangan Anda dapat menghilangkan kecemasan itu. Jangan cemas dan kurang percaya diri pada kegiatan baru untuk sang buah hati. Di awal mungkin tampak kaku, namun Anda pasti akan terbiasa.

  • Tunda pekerjaan lainnya

Jangan memaksakan diri untuk melakukan kebiasaan Anda sebelum kelahiran buah hati. Mencuci pakaian dan membersihkan rumah bisa ditunda agar tak kelelahan saat merawat buah hati Anda.

  • Tak mengurung diri

Tak perlu ragu untuk keluar rumah sesekali saat merawat bayi yang baru lahir. Bayi yang rewel di dalam rumah bisa saja ceria ketika diajak keluar rumah hanya untuk sekedar berjalan-jalan menikmati udara segar.

  • Ketahui kapan untuk meminta bantuan

Perlu diingat, masa kecil sang buah hati tak akan terulang kembali. Oleh sebab itu nikmati masa-masa ‘repot’ ini. Namun Anda harus tahu batasan diri sendiri. Bila tekananmemang dirasa sangat berat, mintalah bantuan pada ahli baik orang tua atau dokter.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang panduan bayi baru lahir untuk pasangan muda, semoga bermanfaat.

Related posts: