Pe-Bisnis Modern vs Program Kasir

Di dunia bisnis, semua perusahaan pasti menggunakan sistem aplikasi komputer dalam menjalankan administrasi manajemennya. Terlebih untuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, pasti akan memerlukan suatu program terpadu yang terintegrasi dengan pencatatan accounting dimana program kasir adalah basic dari pencatatannya.

Keunggulan Perusahaan Menggunakan Program Kasir

Secara umum, dalam pencatatan keuangan pasti memerlukan informasi data-data awal yang lengkap dan rinci yang kemudian  informasi data tersebut akan diolah menjadi sebuah laporan keuangan. Untuk mendapatkan hasil laporan keuangan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, data-data harus dikumpulkan dan disusun dalam bentuk draft-draft pencatatan yang terpisah-pisah sesuai dengan kebutuhan bentuk pelaporan yang diinginkan perusahaan. Karena setiap perusahaan mempunyai spesifikasi kepentingan yang berbeda-beda dalam setiap laporan keuangan yang sesuai dengan divisi dan bidang bisnis yang dijalaninya.

Disinilah peran penting sebuah program kasir yang akan memudahkan seluruh pencatatan penjualan dari awal hingga pembuatan laporan keuangan akhir, mempercepat proses transaksi, sekaligus akan memberikan kesan canggih dan modernnya tampilan bisnis yang dijalankan. Disamping itu, konsumen pun akan merasa puas bertransaksi pada toko, atau outlet, atau bahkan restoran yang kasirnya sudah menggunakan teknologi canggih sehingga kesalahan penghitungan hampir tidak akan terjadi.

Transaksi yang terjadi akan langsung secara otomatis tercatat dan tersimpan dalam bentuk data lengkap dan rinci dari mulai informasi tanggal, hari, bulan, tahun, jam, nama barang, dan nilai transaksi. Bahkan nama kasir pun terkadang akan dimunculkan. Data-data tersebut akan tercetak di atas kertas print yang disebut struk belanja yang desainnya sangat variatif untuk kemudian diberikan kepada konsumen sebagai bukti pembayaran.

Keunggulan utama yang didapat ketika sebuah perusahaan memanfaatkan sebuah program modern yang canggih untuk mencatat dan menyimpan semua data transaksinya secara akurat adalah bos tidak akan pernah merasa khawatir atas seluruh informasi laporan yang disodorkan di meja kerjanya. Karena Pe-bisnis modern dan kecanggihan program kasir yang dipegang jajarannya yang memangku tanggung jawab adalah tim yang solid dalam sebuah manajemen perusahaan dimana tidak akan ada dusta diantara mereka. Betul tidak.

Related posts: