Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan bagian terpenting dari kesehatan. Mata adalah salah satu organ yang dapat membantu dalam penglihatan Anda. Mata menjadi pusat untuk mengetahui warna pada semua benda, melihat berbagai macam bentuk, dan yang terpenting dapat melihat orang-orang yang di sekitar kita. Namun, sebagian orang melupakan pentingnya untuk merawat mata. Akibatnya gangguan mata akan muncul yang dikarenakan oleh diri kita sendiri yang kurang dalam merawat kesehatan pada organ mata. Gangguan yang ditimbulkan yaitu mata minus, mata yang cepat lelah dan terlihat sayu, sakit mata, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat?

Pentingnya menjaga kesehatan mata adalah hal yang wajib kita lakukan agar menghindari terkena berbagai penyakit mata. Seiring dengan bertambahnya umur, dan kemampuan akomodasi mata yang berkurang. Dalam merawat dan menjaga agar mata tetap sehat sangat mudah dan tentu tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Merawat mata Anda secara alami dapat melakukan beberapa langkah di antaranya:

  • Memperbanyak konsumsi makanan yang sehat

Memperbanyak konsumsi wortel, karena mengandung beta karotin yang mempunyai kemampuan akomodasi mata. Serta konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C, E, B6, dan B12.

  • Merokok dapat menyebabkan katarak dan kerusakan pada saraf penglihatan Anda. Oleh karenanya hindari merokok karena merokok akan menghisap racun ke dalam tubuh.
  • Menjaga berat badan sangat perlu dilakukan karena dapat menyebabkan kelihatan penglihatan dan juga terkena glaukoma.
  • Sebelum menyentuh arena mata sebaiknya tangan Anda dalam kondisi yang bersih untuk mencegah penyakit mata.
  • Jangan terlalu lama di depan komputer karena akan membuat mata Anda lelah dan perih.
  • Hindari membaca dengan posisi tidur karena akan berakibatkan mata yang silindris.

Kesehatan mata akan membuat Anda terhindar dari penggunaan kacamata, tetapi kacamata pun sangat penting apabila Anda sedang dalam perjalanan. Kacamata akan melindungi mata Anda dari terkena debu polusi jalanan dan tidak akan membuat mata merah serta mengakibatkan perih pada mata. Maka dari itu jagalah kesehatan mata Anda mulai dari sekarang.

Related posts: