Pernah Dengar Mobil Crossover?

Belakangan ini produsen mobil dikejutkan dengan tingginya peminat yang membeli mobil jenis crossover. Mobil jenis ini memang baru-baru ini dikeluarkan oleh produsen-produsen mobil. Tak sedikitnya peminat untuk mobil crossover ini membuat produsen mobil lainnya berbondong-bondong untuk menciptakan mobil crossover jenis baru. Ada beragam pilihan mobil crossover yang bisa dipilih, mulai dari mobil crossover paling irit hingga mobil crossover dengan desain mewah.

Apa Sih Perbedaannya dengan SUV?

Jika Anda ingin membeli mobil crossover ini, Anda hanya perlu memilih salah satu jenis mobil yang dibutuhkan. Jika Anda membutuhkan mobil crossover paling irit, carilah pilihan mobil yang tersedia. Dikarenakan mobil jenis ini masih baru, banyak orang yang keliru bahwa mobil crossover dengan SUV adalah mobil yang sama.

Anda perlu tahu bahwa SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Arti dari kedua mobil saja berbeda, apalagi dengan kegunaannya. Agar lebih jelas lagi, mari lihat perbedaan antara SUV dengan crossover di bawah ini:

  • Track

Untuk SUV sendiri, mobil tersebut memang dirancang untuk berjalan di track off-road. Meskipun memang bisa digunakan untuk jalan di jalanan datar biasa, tetapi melintasi track off-road adalah kegunaan yang sebenarnya.

Terbalik dengan crossover. Mobil jenis ini dibuat untuk melintasi track jalanan datar biasa, tidak bisa untuk melintasi track off-road. Bahkan, Anda bisa menggunakan mobil ini untuk melakukan aktivitas sehari-hari meskipun hanya melewati jalanan biasa.

  • Bodi

Dari sisi bodi atau rangka mobil yang digunakan oleh SUV dengan crossover sangatlah berbeda. SUV menggunakan bodi on-frame alias kerangka mobil yang dipasang terpisah dengan sasis yang ada di dalamnya. Oleh karena itulah, SUV memiliki bodi yang lebih kekar dan besar daripada crossover. Sedangkan mobil crossover menggunakan unibody atau kerangka yang menyatu dengan sasis.

  • Kegunaannya

Mobil jenis crossover dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan menempuh perjalanan jauh, sedangkan SUV tidak.

Itulah perbedaan singkat mengenai mobil jenis crossover dengan SUV. Untuk itu, jangan sampai salah pilih jenis mobil, ya. Jika Anda membutuhkan mobil crossover, ada mobil crossover paling irit yang bisa dipilih.

Related posts: