Potensi Ampas Tahu Untuk Pakan Ternak

Sekarang ini memulai sebuah usaha memerlukan perencanaan yang sangat matang agar memperoleh hasil yang maksimal. Baru-baru ini digemparkan dengan usaha ternak kambing tanpa ngarit, ya siapa yang tidak kaget dan tergiur karena memelihara biasanya orang harus mengeluarkan modal tenaga maupun uang untuk menyuruh orang lain mencarikan pakan atau sendirinya yang mencarikan pakan untuk hewan ternak. Tetapi dengan adanya bisnis tersebut banyak yang bertanya-tanya maksud dan caranya bagaimana karena terkadang tidak masuk akal juga jika tidak mencari pakan untuk kambing, lalu kambing akan makan apa. Banyak caranya sebenarnya seperti dengan memanfaatkan berbagai limbah pangan sepeti ampas tahu untuk pakan ternak kambing dan juga banyak cara lainnya.

Memanfaatkan Ampas Tahu Sebagai Pengganti Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Memanfaatkan bahan-bahan limbah pakan juga bisa digunakan sebagai alternatif pakan hijau untuk hewan ternak. Seperti memanfaatkan ampas tahu, meskipun hanya ampas tapi masih memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk digunakan sebagai pakan ternak. Penggunaan ampas tahu untuk ternak ini sangat gampang karena mudah untuk didapat, harganya yang relatif murah, tetapi kandungan gizi di dalamnya tidak perlu diragukan lagi untuk produksi dan juga kesehatan ternak yang bisa membuat hewan ternak tumbuh menghasilkan untung yang lumayan.  Sehingga tidak ada salahnya menggunakan ampas tahu untuk alternatif ternak kambing tanpa ngarit. Ampas tahu merupakan salah satu bahan yang tinggi protein yang digunakan sebagai bahan penyusun ransum. Karena mendapatkannya dengan cara yang mudah bahkan cuma-cuma tetapi memiliki gizi tinggi maka ampas tahu pantas digunakan untuk pakan ternak. Dari dulu cukup sulit menanggulangi limbah pakan karena dibilang kurang ekonomis tetapi dengan semakin tingginya kreativitas maka limbah tersebut bisa dimanfaatkan.

Ampas tahu yang merupakan limbah pangan memiliki kelebihan protein cukup tinggi tetapi juga memiliki kelemahan karena bahan pangan satu ini memiliki serat kasar serta kandungan air yang cukup tinggi. Dengan banyaknya kandungan serat kasar maka membuat ampas tahu tersebut sulit dicerna oleh hewan ternak dan dengan kandungan air yang tinggi juga membuat daya simpan limbah ampas tahu semakin pendek. Tetapi bisa diatasi dengan cara fermentasi sehingga akan lebih lama awet untuk digunakan sebagai pakan ternak kambing tanpa ngarit yang bisa meminimalkan tenaga juga modal uang untuk melakukan usaha ternak kambing.

Related posts: