Proses Pembuatan Batik Tulis

Batik merupakan salah satu seni menggambar dalam kain dengan menggunakan pewarna. Batik dari masing-masing daerah tentu memiliki ciri khas tertentu seperti perbedaan motif pada kain tersebut. Motif batik bisa dibuat dengan menggunakan mesin maupun dengan menggambar menggunakan tangan. Namun, proses pembuatan dengan menggunakan tangan merupakan teknik yang sangat lama dan dapat menghabiskan waktu sekitar bulanan hingga tahunan sehingga banyak industri yang memanfaatkan mesin untuk mencetak motif tersebut. Namun, pembuatan batik tradisional memiliki nilai lebih di mata masyarakat karena motif yang dihasilkan merupakan motif yang khas dan berbeda antara satu dengan lainnya karena dibuat secara tradisional.

Berikut Ini Merupakan Proses Pembuatan Batik Tulis Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi kebanyakan orang, tentu tidak mengetahui secara jelas bagaimana proses pembuatan batik tradisional dengan menggambar secara langsung pada kain dengan membutuhkan waktu dan ketelitian yang sangat tinggi. Yang pertama pada saat proses pembuatan biasanya desainer membuat pola terlebih dahulu setelah itu dibubuhkan malam atau lilin untuk mempermudah pada saat proses penggambaran. Lalu setelah itu pengrajin batik tersebut akan menggoreskan canting. Hal ini harus membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang sangat tinggi sehingga dapat menghasilkan gambar yang sangat rapi dan sempurna. Selanjutnya setelah proses pewarnaan tersebut telah selesai akan dilanjutkan pada proses pencelupan untuk pewarnaan. Namun, siapa sangka proses ini juga memerlukan ketelitian yang sangat tinggi juga karena membutuhkan waktu yang sangat tepat agar warna yang diinginkan muncul. Setelah proses pencelupan selesai dan kering maka masuk ke tahap penghilangan malam atau lilin yang dilakukan pada tahap awal tadi.

Tahap pembuatan batik tradisional selanjutnya yaitu penyempurnaan motif jika dirasa masih membutuhkan motif lainnya, proses ini dilakukan secara berulang-ulang sehingga dihasilkan kain batik yang sempurna sesuai dengan yang diinginkan. Dan jika Anda tertarik untuk memiliki kain batik tersebut Anda dapat membelinya di batikparahita.com. Dengan proses yang sangat lama ini menjadikan kain batik ini dijual dengan harga yang sangat tinggi karena proses pembuatannya yang sangat lama dan tentunya pembuatan batik secara tradisional tersebut akan berbeda sangat jauh dengan batik yang diproduksi dengan menggunakan mesin produksi.

Related posts: