Rencana Pembangunan Konsep Smart City Indonesia

Bagi Anda yang sedang melakukan perencanaan pembangunan konsep Smart City Indonesia tentunya harus mengetahui apa saja langkah yang harus di ambil untuk bisa mewujudkannya. Banyak negara yang kini sudah mulai mengambil langkah pertama untuk merintis adanya smart city khususnya di negara mereka tersebut.

Begitupun juga dengan negara Indonesia yang mana smart city akan di bangun dengan fokus pada beberapa negara terutama yang memiliki peluang untuk membangun dan mengembangkan konsep tersebut di kota mereka. Namun untuk hal tersebut membutuhkan ilmu dan informasi yang cukup agar supaya konsep tersebut bisa berkembang dan berjalan sesuai dengan rencana.

Beberapa Hal Yang Perlu Direncanakan Dalam Pembangunan Smart City Indonesia

Untuk bisa membuat sebuah perencanaan yang baik dalam pembangunan Smart City Indonesia tentunya di butuhkan banyak sekali hal penting yang harus diperhatikan secara terpisah. Dalam hal ini beberapa hal yang akan masuk dalam rencana tersebut akan masuk juga ke dalam prosedur dan program yang akan di jalankan. Dengan demikian diperlukan pemikiran dan pertimbangan yang mendalam untuk bisa melakukannya dengan baik.

Hal yang pertama harus di lakukan adalah dengan menyeleksi jenis kota yang akan menjadi kandidat kota pintar yang akan mendapatkan proyek tersebut. Dalam setiap negara akan dipilih beberapa kota yang berpeluang untuk mengikuti kompetisi kota pintar.

Setelah beberapa kota di pilih untuk ikut kompetisi kota pintar selanjutnya adalah akan di lakukan sosialisasi terkait apa saja yang harus di lakukan sebuah kota untuk konsep kota pintar tersebut. Ada banyak sekali hal penting yang harus dirintis sebuah kota agar supaya bisa mewujudkan kota pintar sesuai keinginan pemerintah pusat atau dunia.

Dan yang terakhir adalah adanya evaluasi dari perencanaan kota pintar yang dibuat. Bahwa dalam sebuah kota pintar akan ada tolok ukur atau kriteria tersendiri yang harus di miliki. Seperti adanya layanan publik yang mudah di akses dari mana saja, siapa saja dan kapan saja. Pemerintah kota sendiri harus memiliki layanan publik berbasis digital dengan tampilan user friendly untuk pemula sekalipun. Demikian beberapa hal yang perlu di rencanakan dengan baik dalam konsep perencanaan Smart City Indonesia.

Related posts: