Review Dan Informasi Lain Terkait Macam-Macam Antibiotic

Kata antibiotic pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Akan tetapi seperti biasa, sebagian besar dari masyarakat belum mengetahui arti dari antibiotik secara signifikan, serta apa kegunaan dari antibiotic dan juga beberapa hal terkait antibiotik. Antibiotik yang juga merupakan obat sangat perlu kita ketahui artinya agar kita tidak menyalahgunakan antibiotic untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan fungsi dasar dari antibiotik dan juga macam macam antibiotik.

Pengertian Dari Antibiotic Dan Macam-Macam Antibiotic Serta Kegunaannya

Antibiotic merupakan salah satu obat-obatan yang digunakan khusus untuk membasmi bakteri ataupun parasit yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit ditubuh kita. Yang mana system kerja dari antibiotic ini yaitu akan menghancurkan struktur dari bakteri dan juga parasit yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit dalam tubuh, sehingga lama kelamaan bakteri akan mengalami kegagalan berkembang biak dan kemudian musnah, sehingga berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut secara berangsur-angsur akan sembuh dengan sendirinya.

Selain mengetahui pengertian dari antibiotic, kita juga akan membahas terkait macam macam antibiotik dasar yang biasanya digunakan dalam dunia medis, diantaranya adalah penisilin, penisilin sendiri merupakan salah satu antibiotic yang mana mampu merusak dinding sel dari bakteri pada saat bakteri sedang dalam fase reproduksi. Adapun untuk penisilin sendiri merupakan salah satu dari kelompok bakterisida yang terdiri dari penisilin G, ampisilin, penisilin V, tikarsilin, amoksilin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis dan macam dari antibiotic selain penisilin adalah selafosporin. Yang mana system kerjanya hampir sama dengan penisilin yaitu akan mengganggu pertumbuhan bakteri pada dinding sel pada saat fase pertumbuhan. Akan tetapi jenis dari antibiotic ini mampu mengobati berbagai infeksi bakteri yang tidak dapat di sembuhkan oleh penisilin, seperti halnya menitis, gonoreae dan lain sebagainya. Dalam hal ini suatu bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotic penisilin akan ampuh jika menggunakan jenis antibiotic ini.

Antibiotik yang ketiga yaitu aminoglikosida.  Aminoglikosida merupakan salah satu antibiotic yang menghambat terjadinya pembentukan protein pada bakteri.  Karena kerjanya menghambat pertumbuhan dari protein bakteri, maka antibiotic ini sangat cocok untuk dapat mengobati berbagai penyakit seperti tipus, dan juga pneumonia. Meskipun antibiotic ini sanat efektif untuk menghancurkan bakteri, akan tetapi sangat dimungkinkan sesudah adanya penggunaan antibiotic pertama maka bakteri akan semakin kebal terhadap antibiotic selanjutnya.

Itulah beberapa hal terkait dengan antibiotic serta sebagian kecil dari macam macam antibiotik dan juga kerja dari antibiotik itu sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua khususnya bagi kita yang mudah terserang penyakit dan ingin mengetahui jenis antibiotic yang cocok untuk jenis penyakit yang sedang dialami, selamat mencoba dan semoga berhasil !

Related posts: