Sayangi Jantungmu Mulai Dari Sekarang

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips dalam mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler atau penyakit pada pembuluh darah. Di zaman yang modern ini selain budaya dan kebiasaan yang mulai bergeser, tren penyakit yang ada di Indonesia pun ikut bergeser. Angka kesakitan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit menular angkanya lebih rendah dibandingkan dengan yang disebabkan oleh penyakit tidak menular.

Contoh penyakit tidak menular yaitu diabetes melitus, kecelakaan lalu lintas serta gangguan atau penyakit pada kardiovaskuler. Pergeseran tren penyakit ini juga membuat upaya pencegahan penyakit ikut berubah karena terdapat perbedaan faktor penyebab antara penyakit menular dengan penyakit tidak menular.

Tips Mencegah Penyakit Kardiovaskuler Di Era Serba Instan Ini

Saat ini manusia sangat dimanjakan dengan berbagai teknologi yang ada. Termasuk juga di dalamnya restoran cepat saji yang biasanya menyajikan makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Hal ini memang membuat manusia lebih mudah dan praktis ketika hendak makan.

Namun ternyata lebih banyak dampak negatif yang dihasilkan setelah terlalu banyak makan makanan cepat saji, misalnya obesitas dan penyakit pada kardiovaskuler. Oleh karena itu lakukan hal-hal berikut ini agar dapat terhindar dari penyakit kardiovaskuler pada zaman yang serba instan ini.

  • Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat diperlukan agar dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler. Aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan yaitu olahraga. Olahraga secara rutin baik itu jogging, berenang, senam maupun jenis olahraga lainnya yang bisa membakar lemak akan membuat tubuh sehat. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu memperlebar pembuluh darah sehingga kerja jantung tidak terlalu berat.

  • Hindari Perilaku Merokok dan Asap Rokok

Rokok masih menjadi salah satu masalah utama yang sulit untuk diselesaikan. Padahal rokok mengandung banyak sekali zat yang dapat membahayakan kesehatan.

  • Kuatkan Iman untuk Kelola Stress

Stress atau tekanan juga bisa menjadi faktor risiko terjadinya suatu penyakit. Hal ini karena stress bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada mental yang pada akhirnya bisa berujung pada bunuh diri.

Related posts: