Sayangi Mata Anda Dengan Tips Berikut

Dalam era digital ini, banyak teknologi yang dihasilkan justru menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan Anda, salah satunya yaitu bagi organ mata. Paparan radiasi dari benda-benda elektronik dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Padahal mata adalah salah satu organ yang sangat vital bagi kehidupan kita. Tentu, kita tidak ingin apabila mata kita rusak justru karena dampak kemajuan teknologi ataupun dikarenakan kebiasaan buruk kita yang tidak menjaga kesehatan mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Bagi sebagian orang yang sering bekerja dengan paparan radiasi pada mata tentu sering mengeluhkan beberapa gangguan pada mata. Gangguan tersebut ada yang bersifat reversible maupun yang bersifat irreversible atau tidak dapat dikembalikan. Contoh dari gangguan reversible misalnya iritasi pada mata, sedangkan contoh dari gangguan yang bersifat irreversible yaitu miopia, menurunnya fleksibilitas otot siliaris. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata:

  1. Perhatikan jarak antara mata dengan bahan bacaan

Mengatur jarak antara mata dengan bacaan sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kelelahan mata. Apabila jarak antara bacaan dengan mata terlalu dekat atau terlalu jauh akan menimbulkan kelelahan pada mata. Upayakan juga untuk mengganti fokus setiap 20 menit sekali.

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A

Makanan yang bayak mengandung vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Contoh dari makanan yang mengandung vitamin A yaitu sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning, kuning telur, ikan, dan minyak ikan.

  1. Rutin memeriksakan kesehatan mata

Pemeriksaan kesehatan mata bertujuan untuk mengetahui kondisi mata saat ini berikut gangguan-gangguan yang mungkin terjadi pada mata. Apabila rutin dilakukan pemeriksaan terhadap mata, maka kerusakan pada mata dapat dicegah.

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat memperlancar aliran atau sirkulasi darah. Apabila aliran darah menuju mata lancar maka mata tidak akan kekurangan nutrisi sehingga mata akan terjaga kesehatannya.

Demikianlah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata Anda. mata adalah aset yang sangat penting dalam hidup kita. Oleh karena itu sayangilah mata Anda untuk hidup yang lebih baik nantinya.

Related posts: